POPULAR STORIES

Pemkot Surabaya Hadirkan Sirkuit Gratis Untuk Kurangi Balap Liar

Pemkot Surabaya Hadirkan Sirkuit Gratis untuk Kurangi Balap Liar Foto: twitter
KabarOto.com - Bagi pecinta otomotif mungkin juga tidak sedikit yang suka balapan. Tapi, untuk saat ini belum tentu di setiap kota dan daerah sudah mendapatkan area khusus untuk balap. Surabaya keren nih, untuk mengurangi warganya balap liar, pemkot Surabaya membuat sirkuit balap gratis untuk warganya latihan balap.
Sirkuit di Indonesia masih sangat sedikit, terutama yang permanen. Sedikitnya jumlah salah-salah membuat anak-anak yang berdedikasi pada balapan, malah gunakan jalan raya yang akhirnya jadi balap liar. Padahal hal tersebut terbukti berbahaya. Ketika sekelompok orang melakukan balap bukan pada tempatnya, tentu akan mengganggu kenyamanan dan keamanan. Baik oleh pengguna jalan yang lain mau pun kelompok dan dirinya sendiri.
Sirkuit
Dengan adanya fasilitas sirkuit yang diberikan oleh Pemkot Surabaya, tentunya akan memudahkan warga Surabaya dan sekitarnya untuk latihan balap. Lokasinya ada di Komplek Gelora Bung Tomo. Stadion ini merupakan bagian dari komplek olahraga Surabaya Sport Center yang sudah dibuka sejak 6 Agustus 2010 lalu.
Sirkuit Bung Tomo dapat dikatakan cukup memadai untuk lintasan latihan karena memiliki panjang lintasan 1,2 km dan memiliki lintasan lurus terpanjang dengan ukuran 400 m. Sirkuit ini juga dilengkapi dengan 9 tikungan berupa 6 tikungan ke kanan dan 3 tikungan ke kiri.
Sirkuit
Ternyata, tidak hanya roda dua yang dapat menggunakan arena balap ini, untuk kendaraan roda empat juga bisa. Karena akan ada banyak komunitas atau orang lain yang memakai juga. Bahkan sudah ada komunitas yang rutin menggunakan sirkuit ini untuk latihan.
Fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Surabaya ini tidak dipungut biaya. Untuk yang berminat menggunakan, caranya cukup gampang, bisa datang dan mengurus perizinan di kantor Dispora, gedung Siola lantai 3.
Ketika mendaftar dibagian ini, bisa juga sekaligus melihat jadwal yang kosong sehingga tidak bentrok dengan komunitas lainnya yang ingin menggunakan sirkuit. Walaupun gratis tentu masih ada aturan yang berlaku untuk penggunaannya.
Sirkuit
Untuk menarik perhatian dari warganya, Humas Kota Surabaya melalui akun twitternya mengatakan,
"Sudah nggak jaman balapan di jalan raya, masa kalah sama adik kecil ini? Siapa tahu ada anak Surabaya yang bisa tanding di motoGP kan ya."
Dengan diberikannya fasilitas sirkuit bahkan gratis. Jadi sudah tidak alasan untuk balap liar lagi ya.