Penampilan Suzuki APV Ini Kembar Tapi Tak Sama

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 18 Jun 2015 - 01:28
Penampilan Suzuki APV Ini Kembar Tapi Tak Sama
Inilah tampang kedua Suzuki APV yang telah dimodifikasi (Foto:KabarOto/Handaru Pratomo)

Seperti kalimat tersebut, beginilah rupa dua figur Suzuki APV tahun 2005 ini yang memiliki penampilan kembar tapi tak sama, detail ubahan berbeda, yang terdaftar di Indonesia APV Club (IAC).

Kedua mobil yang dimiliki oleh Ferly dan Eddy dari Indonesia APV Club ini menjalani proses ubahan yang cukup lama hingga akhirnya terdapat bentuk akhir seperti ini dengan ciri khas pribadi sendiri.

Dari bagian eksterior, kedua kendaraan tersebut sama-sama dilengkapi dengan body kit bergaya sporty. Yang terlihat di penggunaan lampu utama HID proyektor, roda 18 inci dengan profil ban dan motif palang atau 'spoke' berbeda serta grafis stiker minimalis dengan ikon yang juga berbeda.

APV milik Ferly memiliki ikon unta, sedangkan milik Eddy memiliki ikon kepala suku Indian Amerika Utara. Sebagai ciri khas lainnya, kedua kendaraan juga dilengkapi dengan klakson sekunder 3 nosel buatan marcopolo yang memiliki 4 variasi suara berbeda.

Berpindah ke bagian interior, tidak banyak ubahan yang dilakukan. Keduanya mengganti lampu kabin dengan LED berwarna putih, memasang 'captain seat' milik APV Arena trim SGX pada kursi pengemudi dan penumpang depan, penggantian head unit standar dengan Pioneer AVH165DVD, serta pemasangan head rest dengan monitor 7 inci dengan merk berbeda, Ferly menggunakan produk dari AVX, sedangkan Eddy menggunakan produk dari Coustic.

Hal yang membedakan keduanya terlihat pada kursi penumpang baris kedua dan pada bagian plafon depan. Kendaraaan milik Eddy masih memiliki kursi yang lengkap di baris ke-2 dan baris ke-3, sedangkan Ferly melepas seluruh kursi dan hanya menyisakan kursi baris ke-3, dan sebagai penggantinya lantai kabin tertutup oleh karpet selama ramadan yang bisa dipergunakan untuk sholat dan tadarus.

Di bagian depan, APV milik Ferly masih tetap standar tetapi APV milik Eddy dilengkapi dengan konsol plafon yang berfungsi sebagai lampu kabin depan. Laci penyimpanan kartu/karcis tol dan sebagai braket untuk memasang rig radio buatan Kenwood atau dikenal sebagai mobile tranceiver pada komunitas radio amatir. Sebagai tambahannya, Eddy juga memodifikasi sistem audio kendaraannya dengan produk dari JL Audio.

Detail Modifikasinya
Ferly 753 :
body kit sporty look, HID projector headlamp + upper lid, rim 3DF 5 spoke + front Achilles 225/45/18 + rear Kumho 245/45/18, Marcopolo horn 3 nozzle, LED kabin putih, APV Arena SGX captain seat, Pioneer AVH165DVD + AVX headrest monitor.

Eddy 755 :
body kit sporty look, HID projector headlamp, rim 3DF white multispoke + front Achilles 225/45/18 + rear Kumho 245/45/18, Marcopolo horn 3 nozzle, LED kabin putih, APV Arena SGX captain seat, Pioneer AVH165DVD + Coustic headrest monitor, konsol plafon Jetbus Style + LED kabin + Kenwood mobile tranceiver.

Baca Juga: