POPULAR STORIES

Pengembangan Komponen Lokal Jadi Keunggulan Toyota Di Indonesia

Pengembangan Komponen Lokal Jadi Keunggulan Toyota di Indonesia Salah satu produk Toyota Indonesia dengan komponen lokal.

Kabaroto.com - Untuk mendukung pengembangan produk agar mampu memenuhi kebutuhan karakteristik konsumen otomotif nasional, PT Toyota Astra Motor (TAM) yang sejak 2006 lalu membentuk C&A Planning and Design Department guna mengembangkan komponen (parts) lokal yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia telah berhasil mengembangkan sejumlah kendaraan untuk show model.

Departemen yang berada di bawah divisi Product Planning & Development ini pun telah menghasilkan produk seperti Agya Kojo, Yaris Heykers, Yaris Legian dan Veloz Tigre.

“Kami bersyukur, TAM sudah mendapat persetujuan dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk menjadikan Yaris Heykers sebagai salah satu line-up di Indonesia dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, seperti terlihat dari kontribusinya sekitar 50% dari total penjualan Yaris,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto di sela-sela pameran IIMS 2017, Sabtu (29/4).

Soerjo mengatakan, TAM telah mengembangkan desain komponen (parts) lokal sejak 2006 dengan desain pertama yaitu Front Grille Ornament untuk Toyota Vios.

Sejak itu, C&A Planning and Design Departmentsebagai penanggung jawab terus mengembangkan desain local parts untuk model Toyota yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Innova, dan Fortuner.

“Kami bersyukur prinsipal memercayakan Toyota Indonesia untuk mengembangkan produk dan desain parts lokal yang diimplementasikan dengan mendirikan departemen C&A Planning and Design pada 2006. Sampai saat ini sekitar 2.600 komponen lokal yang sudah berhasil didesain dan diproduksi untuk meningkatkan Total Ownerhip Benefit bagi pelanggan Toyota,” terang Chief Designer TAM Donny Adhi Yuwono.

Komponen itu antara lain digunakan pada line-up Avanza Luxury, Yaris TRD Sportivo, Innova Luxury, NAV-1 V Grade, Rush TRD Sportivo, Sienta Q Grade, Agya TRD S, Yaris TRD Sportivo, Vios dan Etios TOM’S.

“Semua line-up itu memberikan kontribusi signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen,” kata Donny.

Bahkan, sejumlah komponen yang dikembangkan TAM telah berhasil diekspor ke beberapa negara melalui empat produk Toyota yaitu Innova, Fortuner, Yaris dan Agya.

“Ini menunjukan bahwa komponen lokal yang dikembangkan TAM telah diterima dunia dengan standar kualitas Toyota Global,” tutup Soerjo.