Penggunaan LED Pada Headlamp Makin Diminati Produsen Mobil

Alif Sowandono
Alif Sowandono 20 Jul 2015 - 09:15
Penggunaan LED Pada Headlamp Makin Diminati Produsen Mobil
Mobil salah satu pelanggan Asia Jaya Motor gunakan Headlamp LED (foto: istimewa/ Alif Sowandono)

Light emitting diode (LED) atau orang sering bilang lampu LED sudah banyak digunakan pada mobil dan sepeda motor, namun terbatas untuk lampu aksesoris kombinasi, rem dan sein. Sedangkan untuk lampu depan utama (headlamp), masih terbatas pada mobil-mobil premium tertentu. Mobil pertama yang menggunakan LED untuk headlamp adalah Audi R8.

Dengan gencarnya kampanye pengiritan energi dan usaha menekan emisi karbon dioksida, memakai lampu LED pada headlamp makin menarik bagi produsen mobil. Penyebabnya, konsumsi energi listrik hanya membutuhkan 19 watt saja untuk setiap lampu.

Karena itulah, produsen lampu dan mobil kini fokus mengembangkan full LED untuk headlamp, Sampai saat ini mobil yang sudah mengaplikasikan lampu LED sebagai headlamp diantaranya Lexus LS 600, All New Camry Hybrid, New Mazda 2 dan All New Honda Jazz RS.

Ecovision LED

Nah jika sobat yang tertarik, sobat tidak perlu mahal-mahal untuk mengganti mobil sobat yang lama dengan mobil baru yang sudah menggunakan lampu LED, sobat hanya perlu sambangi toko Asia Jaya Motor di Jl. Raya Pondok Gede 23-24, Bekasi kepunyaan koh Wira Sentosa untuk mengaplikasikan lampu LED berlabel Ecovision, yang menurut koh wira dapat menghemat Energi listrik sampai dengan 85% dibanding bohlam biasa, ecovision menurutnya juga bisa bertahan sampai dengan 30 ribu jam pemakaian berkat teknologi penyerap panas (heatsink) berbahan  allumunium alloy dan batang lampu nya terbuat dari Red copper yang dilapisi oleh perak, Selain itu, lampu ini menggunakan Chip merk Cree buatan Amerika.

Lampu ini diklaim memiliki keterangan cahaya sampai 2400 lumens dan memiliki suhu cahaya sampai 6000 derajat kelvin. Ditoko aneka Jaya motor ini pilihan tipe ukuran LED Ecovision pun seragam, mulai dari tipe H11, H8, HB4,HB3, dan yang umum H4 tersedia disini, harga yang ditawarkanpun terbilang cukup murah, untuk tipe selain H4 dibandrol Rp. 850.000 dan untuk H4 dibandrol dengan harga Rp. 1.150.000 harga tersebut sudah termasuk pemasangan loh.

Baca juga: