POPULAR STORIES

Penjualan Mobil Meningkat, Naik 20 Persen

Penjualan Mobil Meningkat, Naik 20 Persen Daihatsu perkenalkan Sigra baru (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 sempat meruntuhkan perekonomian berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Daya beli masyarakat turun, dan ini berimbas ke semua industri, termasuk otomotif. Namun, seiring membaiknya kondisi tersebut, penjualan mobil juga mulai meningkat.

Tercatat, semester pertama 2022 ada kenaikan mencapai 20% dibanding periode yang sama 2021 lalu.

"Sampai dengan bulan Juni, market otomotif Indonesia itu 464 ribuan," terang Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, belum lama ini.

Baca juga: Gaikindo Targetkan Penjualan Mobil Tahun 2022 Mencapai 900 Ribu Unit

Jika dibanding tahin 2021 lalu, kenaikannya menurut Hendrayadi Lastiyoso sekitar 19,8%. "Kalau kita bulatkan jadi 20%," tambah pria berkacamata ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mencatat, penjualan mobil dari diler ke konsumen (retail) Januari-Juni 2021 mencapai 387.873 unit.

New Daihatsu Sigra (Foto: kabarOto)

"Lalu bagaimana dengan Daihatsu? kami mencatatkan kenaikan yang signifikan sekali," tambahnya. Jika pasar naik 20%, Daihatsu sendiri mengalami kenaikan retail sales-nya sebesar 35%. "Sehingga sampai semester I ini kita menutup market share sekitar 19,5%," tambahnya.

Ini dikatakannya data ter update, dan berharap data yang disampaikan cukup akurat. "Karena mungkin kalau melihat data di Gaikindo--baik yang retail sales maupun whole sales, mungkin belum dirilis ya. Tapi kurang lebih datanya akan sebesar itu," jelasnya lagi.

Baca juga: Penjualan Mobil Astra Januari-April 2022 Tumbuh, Mencapai 188.536 Unit

Sebagai informasi, penjualan mobil di tanah air, sudah mulai pulih sejak kuartal pertama 2022. Periode Januari-Maret 2022, industri otomotif Indonesia sudah memasarkan 238 ribu unit mobil. JUmlah tersebut mendekati penjualan normal sebelum pandemik Covid-19.