POPULAR STORIES

Penjualan Otomotif Grup Astra Tumbuh Positif

Penjualan Otomotif Grup Astra Tumbuh Positif Toyota menjadi salah satu merek yang penjualannya terbanyak di Group Astra (Foto: TAM)

KabarOto.com - Astra Group mencatat, penjualan sektor otomotif di tengah Pandemik Covid-19, tumbuh positif. Meski beragam kendala dihadapi, namun masuk kuartal pertama tahun 2022 ini meningkat.

Djony Bunarto Tjondro, President Director Astra International mengatakan, tumbuhnya sektor ini karena Pemerintah memberikan insentif PPnBM.

"Perolehan sektor empat roda cukup baik walau insentif pajak PPnBM itu berbeda dibanding 2021," ujar Djony Bunarto Tjondro, Rabu (20/04).

Baca juga: Astra Lahirkan 11 Sarjana Otomotif Bertaraf Internasional

Astra Group melihat, kondisi cukup baik, termasuk pada supply chip semikonduktor yang diketahui menjadi hambatan secara global.

"Semoga tidak berlanjut," harap Djony Bunarto Tjondro. Hal serupa juga terjadi pada kendaraan roda dua. Peningkatan penjualan disebabkan harga komoditas yang baik, mendorong daya beli masyarakat.

"Dengan penjualan kendaraan bermotor yang baik, didukung oleh financial services baik, maka akan memberikan hasil yang baik," paparnya.

Untuk mempertahankannya, Astra International memiliki beberapa langkah strategis, di antaranya memperkuat jasa keuangan retail bagi konsumen Indonesia.

Daihatsu salah satu merek yang menopang penjualan Astra Group (Foto: KO)



Djony Bunarto Tjondro menambahkan, akan memaksimalkan peluang bisnis baru di sektor otomotif, yaitu digitalisasi dan dengan layanan logistik menggunakan kendaraan besar.

"Proses digitalisasi juga dilakukan di sektor otomotif, antara lain layanan Auto2000, Daihatsu dan seterusnya," tambah Djony Bunarto Tjondro.

Dengan begitu, konsumen memperoleh pengalaman atau eksperience lebih baik lagi. Ia mewakili perusahaan juga berharap, pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Tahun ini menurut Djony, rencana belanja modal konsolidasi mencapai Rp 18 triliun - Rp 20 triliun, atau level sama dengan situasi sebelum pandemi Covid-19.

Dia berharap, terjadi multipier effect, sehingga Astra Group bisa mendapatkan hasil bagus. Astra Group juga menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2022 atau RUPST 2022.

Baca juga: 728 Kompetitor Bertarung Di Kompetisi Astra Honda Motor, Ini Pemenangnya

Sebagai perusahaan nasional yang baru saja merayakan hari jadi ke-65, Astra Group berkembang menjadi tujuh bidang usaha, antara lain adalah sektor otomotif dan layanan pembiayaan.

RUPST 2022 menghasilkan keputusan, penggunaan laba bersih konsolidasian Perseroan untuk tahun buku, yang berakhir pada 31 Desember 2021 sebesar Rp 20.195.982.953.947.

Pembagian dividen dan pembayaran akan dilakukan dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan pajak, Bursa Efek Indonesia dan ketentuan pasar modal lainnya yang berlaku.