POPULAR STORIES

Penjualan UMKM Otomotif Di Masa Pandemik Terbantu Dengan Toko Online

Penjualan UMKM Otomotif di Masa Pandemik Terbantu dengan Toko Online Aftermarket jadi industri pendukung otomotif

KabarOto.com - Otomotif menjadi industri yang banyak melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor ini juga menjadi salah satu penyumbang perekonomian Indonesia. Namun, saat pandemik Covid-19, penjualan otomotif menurun, bahkan hampir seluruh produsen otomotif di Indonesia menghentikan produksinya.

Untuk membangkitkan industri otomotif, khususnya UMKM, Kementerian Perindustrian menggandeng Tokopedia untuk mendampingi para pengusaha otomotif lokal. Untuk mengembangkan usaha mereka, mulai dari peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran, dengan menyediakan akses terhadap rangkaian webinar dan kelas daring secara gratis.

Baca Juga: Gaikindo Apresiasi Kebijakan Kemenperin Di Tengah Pandemik Covid-19

Customkit by Katros

Tokopedia juga memberikan fitur-fitur yang dapat membantu para pengusaha lokal mengembangkan usahanya sekaligus menjangkau lebih banyak masyarakat.

Salah satu pengusaha lokal otomotif yang terdampak pandemik Covid-19 adalah Ramadhan Rizal Putra. Penjualan produk perawatan untuk otomotif ini penjualannya menurun hingga 70 persen. Namun ia memanfaatkan Tokopedia untuk menjual produk-produknya.

“Kami berharap kolaborasi antara Pemerintah dan Tokopedia ini dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk mendukung industri otomotif Indonesia,” terangnya. Dia berharap masyarakat dapat membeli produk-produk yang dihasilkan oleh pengusaha lokal.

Pengusaha aftermarket sekaligus builder Katros Garage, Atenx juga salah satu yang memanfaatkan toko online untuk menjual customkit untuk motor modifikasi.

Baca Juga: Mau Cari Aksesori Kawasaki W175? Di Customkit Katros Lengkap

“Selama PSBB kami terpaksa menutup toko offline, penjualan menurun sampai 50 persen,” terangnya. Setelah menawarkan produk di Tokopedia secara online, pembeli datang dari berbagai daerah Indonesia, tak terkecuali NTT dan Papua.