Penting Jaga Evaporator

Penting Jaga Evaporator Gambar Evaporator ( Istimewa)

penting untuk menjaga Evaporator, karena merupakan komponen utama dari AC. Komponen ini memiliki bentuk kotak dan berfungsi menurunkan suhu udara yang melaluinya agar suhu tetap dingin dan biasanya terletak dibawah dashboard dan rentan tersumbat kotoran.

Lubang keluar AC di Dashboard mobil ( Foto : Istimewa)

Lubang keluar AC di Dashboard mobil ( Foto : Istimewa) 

Perawatan terhadap AC juga harus rutin dilakukan agar penyumbatan udara tidak sampai merusak komponen yang mengakibatkan harus dilakukan penggantian. Namun jika anda tidak dapat melakukan perawatan AC mobil di bengkel, anda dapat mencoba melakukannya sendiri dengan menggunakan cairan pembersih evaporator AC mobil aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

Berikut adalah cara bersihkan Evaporator AC Mobil sendiri :

  1. Buka Filter AC Mobil Anda
    Untuk langkah awal, matikan mobil anda terlebih dahulu. Kemudian cari lokasi lubang hisap udara AC dan letak filter udaranya. Jika AC mobil adalah bawaan pabrik, maka anda dapat mencarinya di buku manual mobil anda. Biasanya, filter AC mobil ini terletak di sekitar atau di belakang glove box.
    Selanjutnya, kocok kaleng spray cairan pembersih evaporator yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Lalu sisipkan selang sprayer agar dapat mendekati blower AC. Tujuannya adalah agar foam yang akan disemprotkan nantinya terarah dengan benar ke bagian blower.
  2. Nyalakan dan Setting AC Mobil
    Jika anda sudah dapat memposisikan spray hingga siap untuk menyemprot ke blower, maka nyalakan mesin mobil anda. Kemudian nyalakan AC dan setting dengan suhu paling dingin serta udara atau tiupan blower paling kencang. Jika mobil anda double blower, nyalakan juga dengan setting yang sama. Jangan lupa untuk membuka semua kisi-kisi atau ventilasi AC serta jendela mobil anda.
  3. Semprotkan Cairan Pembersih Evaporator
    Setelah semua siap dan pastikan selang semprotan sprayer sudah tepat menghadap ke blower, maka semprotkan cairan pembersih hingga habis. Cairan pembersih evaporator ini akan berbentuk foam saat digunakan. Jika saat menyemprotkan cairan ini keluar air dari ventilator AC mobil anda, maka biarkan saja. Setelah foam cairan pembersih disemprotkan hingga habis, maka biarkan saja AC dan mobil menyala sekitar 10 hingga 15 menit. Sementara itu, anda dapat membersihkan air yang keluar dari ventilator tersebut.

Jika AC anda dalam kondisi normal, hanya kotor saja dan tidak ada kerusakan, maka AC akan terasa lebih dingin setelah evaporator dibersihkan dengan cara ini. Kotoran-kotoran yang menyumbat akan keluar bersama tetesan air yang terbuang dari pipa AC di bawah mobil anda.

Baca juga :