Penyebab Motor Satria Klub JSC Terbakar

Penyebab Motor Satria Klub JSC Terbakar Suzuki Satria milik anggota JSC yang terbakar (istimewa)

KabarOto.com - Kabar kurang sedap menimpa motor Suzuki Satria milik anggota Jakarta Satria Club (JSC), Bro Runang. Motor kesayangannya itu akhir pekan lalu habis terbakar. Hal itu memberikan kita pelajaran berharga soal modifikasi.

Penyebab utama Motor Suzuki Satria milik Runang terbakar adalah karena adanya korsleting pada saat mengisi bahan bakar setelah motornya dimodifikasi secara bore-up dan open filter.

Hal ini terjadi saat klub JSC akan mengadakan rolling menuju Monumen Nasional (Monas), dan seperti biasa sebelum melakukan riding para riders Satria ini melakukan pengisian bahan bakar terlebih dahulu. Setelah melakukan pengisian bahan bakar para riders JSC ini dikagetkan dengan adanya kobaran api di salah satu tunggangan mereka.

"Kalo yang gue lihat kondisi motor mati (off), pas mau nyalain atau posisi kontak On, langsung keluar api dari bawah tangki. Untung posisi motor agak jauh dari lokasi pompa bensin, dan dekat pintu keluar pom bensin, jadi langsung di geser ke jalanan agar tidak menyambar ke pompa bensin. Mungkin hal ini terjadi karena ada kabel yang korsleting,” ungkap salah satu anggota JSC saat kejadian berlangsung.

Jadi, untuk rekan rekan bikers agar lebih memperhatikan keadaan kabel kabel yang menghubungkan pengapian, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, seperti konsleting apalagi sampai motor kesayangan kita terbakar. Jika ada kabel yang terkelupas atau longgar dan terkena cairan bensin, bisa menimbulkan percikan dan menimbulkan api yang mengakibatkan kebakaran pada kendaraan.

Sebaiknya ada tatakan bensin pada bagian lubang tangki bahan bakar, dan jalur selang pembuangan tersebut menjauh dari kelistrikan atau koil. Dengan tujuannya jika terjadi bensin luber tidak mengenai bagian mesin dan kabel yang menghubungkan kelistrikan.

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi rekan rekan bikers, baik komunitas maupun klub. Untuk lebih memperhatikan hal hal yang dianggap sepele namun dapat menimbulkan bahaya besar. Dan selalu safety riding dengan tujuan selalu selamat sampai tujuan tanpa ada kurang satu apapun.

Berita Terkait

Berita Terkait