Penyelenggara Reli Dakar Umumkan Rute Untuk Musim 2023, Memiliki Rute Lebih Jauh

Penyelenggara Reli Dakar Umumkan Rute Untuk Musim 2023, Memiliki Rute Lebih Jauh Reli Dakar 2022 (foto : Dakar)

KabarOto.com – Penyelenggara Reli Dakar (ASO) telah mengungkapkan rute lengkap untuk musim 2023, mulai diselenggarakan pada 31 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023.

Reli Dakar edisi ke-45 ini akan kembali berlangsung di Arab Saudi untuk tahun keempat berturut-turut. Namun, rutenya kini telah diubah dan diperluas secara signifikan.

Baca Juga : Toyota Auto Body Gunakan Land Cruiser Bersaing Di Reli Dakar 2023

“Ini adalah rute yang telah kami upayakan untuk membuat sedikit lebih sulit dari tahun-tahun sebelumnya. Ada lebih dari 200 km perh ari, yang sepertinya tidak ada apa-apanya. Tapi, di sana banyak bukit pasir,” ungkap David Castera selaku Direktur Reli Dakar.

Reli Dakar 2023 akan memiliki 14 Special Stage alias dua tambahan etape dari musim sebelumnya. Dari sesi Prolog dimulai dari Sea Camp khusus di pantai barat Arab Saudi yang singkat pada malam tahun baru.

Baca juga: Jadwal WRC 2023, Cile Dan Meksiko Kembali Masuk

Rute lengkap Reli Dakar 2023

Setelah itu, para pereli akan melakukan perjalanan dari Laut Merah ke pantai timur dengan menempuh jarak total 8.549 km, di mana 4.706 km di antarannya akan dihitung waktunya dalam etape khusus. Reli ini akan melintasi kota-kota besar seperti AlUla, Ha’il dan Riyadh selama 16 hari, dengan ibu kota sebagai lokasi untuk hari istirahat di pertengahan pada 9 Januari 2023.

Setelah melewati hari istirahat, sebagian besar paruh kedua akan bergulir di sekitar pantai timur. Daerah ini menjadi area Empty Quarter dengan gurun pasir yang terkenal dengan iklim dan medan yang melelahkan. Setelah melewati area tersebut, para pereli akan menuju ke kota Dammam sebagai lokasi penutup pada 15 Januari 2023.