POPULAR STORIES

Performa Valentino Rossi Di MotoGP Doha 2021 Meningkat, Karena Ubahan Ini

Performa Valentino Rossi di MotoGP Doha 2021 Meningkat, Karena Ubahan Ini

KabarOto.com – Penampilan pembalap tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi meningkat di MotoGP Doha 2021 di Sirkuit Losail, Qatar (05/04) dini hari karena melakukan ubahan ini.

Saat sesi latihan pemanasan (warm up) Rossi melakukan perubahan drastis. Dirinya mengungkapkan bahwa setting-an motor miliknya saat menjajal sesi latihan bebas (FP) dan kualifikasi tidak bisa kompetitif dengan rival-rivalnya.

Baca juga: Hasil MotoGP 2021: Fabio Quartararo Patahkan Kekuatan Ducati

“Saya tidak punya ritme yang stabil dan kecepatan yang dibutuhkan saat sesi latihan bebas dan kualifikasi. Alhasil, saya tidak bisa tampil kompetitif,” ungkap Valentino Rossi.

Karena hal tersebut membuat Rossi harus puas start dari posisi ke-21 alias paling belakang. Dengan hasil start tersebut, tentu tidak membuat pembalap bernomor 46 itu tinggal diam saja. Rossi melakukan langkah radikal dengan mengubah setting secara drastis sebelum balap GP Doha dimulai.

Ubahan yang dilakukan yaitu setting elektonik dan mengubah gaya balapnya. Serta, bagian lengan ayun motornya dibuat dari material serat karbon menjadi aluminium. “Ubahan itu terbukti membuahkan hasil, di mana saya bisa tampil konsisten. Meskipun masih sulit menjaga tingkat keausan ban kompon soft (lunak),” lanjut Rossi.

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP 2021: Johann Zarco Geser Maverick Vinales

Meskipun finis di posisi ke-16, Rossi mengaku puas dengan performanya

Seperti pembalap lainya, masalah ban masih menjadi kendala selama dua seri MotoGP 2021. Hal ini dikarenakan karakter ban di Sirkuit Losail membutuhkan daya cengkram tinggi, serta abrasif yang membuat ban lebih cepat habis.

“Setelah Losail ini masih ada sirkuit di seri berikutnya yang memiliki karakter aspal abrasif. Semoga saat menghadapi sirkuit dengan karakter high grip bisa diatasi dengan pengalaman dua seri di Qatar ini,” tutup Rossi.