Perhatikan! Begini Gunakan Dan Merawat Smart Key Sepeda Motor

Perhatikan! Begini Gunakan dan Merawat Smart Key Sepeda Motor Honda Smart Key

KabarOto.com - Sepeda motor saat ini dibekali dengan fitur dan teknologi baru, salah satunya adalah Smart Key. Sistem ini tidak lagi menggunakan anak kunci untuk menyalakan sepeda motor.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan sistem Honda Smart Key membantu konsumen untuk mengoperasikan kunci kontak tanpa memasukkan anak kunci ke dalam lubang kunci.

Baca Juga: Tips Memperlakukan Keyless Smart Key System Dengan Benar

Dari sejumlah merek motor yang ada, Honda salah satunya, sudah membenamkan Smart Key di motor Honda Scoopy tipe Fashion dan Sporty, Honda Vario 150, Honda PCX 150, Honda ADV 150, Honda SH150i, hingga Honda Forza 250 serta lain sebagainya.

Fitur Honda Smart Key dapat melakukan pengoperasian berikut ini jika berada dalam jarak jangkauan pengoperasian, seperti menghidupkan mesin, membuka kunci kontak, membuka kunci jok, membuka kunci stang kemudi, mengaktifkan dan mematikan Anti Theft Alarm, serta mengaktifkan Answer Back System.

Namun ada hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan, di antaranya:

1. ID Tag Harus disimpan di tempat yang aman dan sebaiknya jangan dibawa bepergian. “Disarankan nomor ID Tag dicatat di tempat rahasia misal dicatat di Phone Book, sehingga apabila dibutuhkan kode ID Tag dapat dengan mudah digunakan,” ungkap Ade.

2. Selalu bawa Emergency Key namun sebaiknya dipisahkan dengan Honda Smart Key. Emergency Key ini akan sangat membantu pemilik kendaraan apabila dalam kondisi yang darurat, misal jika Honda Smart Key terjatuh dan tidak dapat ditemukan maka pemilik kendaraan masih dapat menghidupkan sepeda motor menggunakan Emergency Key + Kode ID Tag.

3. Jangan meletakkan Emergency Key dan Honda Smart Key ke dalam bagasi sepeda motor. “Jika Honda Smart Key dan Emergency Key diletakkan di dalam bagasi pada kondisi Honda Smart Key “OFF” maka pemilik tidak akan bisa menghidupkan sepeda motor,” ujar Ade.