Perhatikan Ciri Shockbreaker Motor yang Bocor

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 12 Oct 2016 - 07:10
Perhatikan Ciri Shockbreaker Motor yang Bocor
Pasalnya, shockbreaker yang berada di depan sangatlah riskan. Bayangkan jika Shockbreaker tersebut berhenti, maka motor Anda tak akan berfungsi seperti biasanya. (Foto: Istimewa)

Shockbreaker yang berada di sepeda motor mempunyai peranan yang sangat penting. Produk ini mempunyai fungsi yang memengaruhi layak atau tidaknya sepeda motor. Shockbreaker memiliki peran penting di sepeda motor yang termasuk ke dalam sistem peredam untuk motor. Lalu, bagaimanakah jika shockbreaker tersebut bocor? Apakah ada tandanya? Nah sebelum telat sebaiknya Anda harus melakukan perawatan motor.

Pasalnya, shockbreaker yang berada di depan sangatlah riskan. Bayangkan jika Shockbreaker tersebut berhenti, maka motor Anda tak akan berfungsi seperti biasanya.

Jelasnya kenyamanan Anda akan terganggu di sini. Bahkan bisa juga mengakibatkan berkurangnya keselamatan pada penunggang motor. Nah, sebelum shockbreaker motor Bro and Sist bocor tidak ada salahnya bila menengok sejenak shockbreaker Anda apakah sudah bocor atau belum?

Ada beberapa ciri shockbreaker depan motor bocor, pertama oli shock tersebut akan mengalir dari tabung dan dari as shock depan. Kedua, pada as shock depan akan terlihat seperti tergores. Ketiga, pada rem depan terasa blong. Kemudian, roda dua Anda ini akan terasa susah atau berat pada ketika berbelok. Dan terakhir cirinya yaitu, shock depan akan berbunyi ketika di rem.

Menurut Robby, bengkel shockbreaker yang ditemui media online Kabaroto di wilayah Pamulang Tangerang Selatan mengatakan, jika Anda melihat ada oli yang merembes keluar dari as shock, ternyata seal shock sudah bocor sehingga oli shock menjadi berukurang yang mengakibatkan shock menjadi tidak nyaman dan tidak enak pada saat digunakan.

"Jika sudah seperti ini ganti shockbreaker tersebut dengan yang baru atau dapat juga mengganti sealnya saja. Ingat jangan paksakan motor Anda dengan memikul beban yang berlebihan pada bagian depan motor itu. Dan, ingat usahakan hindari lubang agar shockbreaker tersebut tidak bengkok," ujarnya.

Baca Juga: