POPULAR STORIES

Periklindo Koordinasi Dengan Pemerintah Agar Percepat Subsidi Kendaraan Listrik

Periklindo Koordinasi dengan Pemerintah Agar Percepat Subsidi Kendaraan Listrik Selis Go Plus di IIMS 2023 (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com - Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) sudah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar memmpercepat pemberian insentif kendaraan listrik.

"Pemerintah harus cepat menyesuaikan kondisi pasar dengan memberikan insentif untuk pembeli. Nanti sepeda motor terlebih dulu yang dapat insentif, setelah itu baru penyesuaian untuk besaran pajak mobil," ujar Ketua Umum Periklindo, Moeldoko.

Baca Juga: Galeri Dan Spesifikasi Sepeda Motor Listrik Yadea Di IIMS 2023

Moeldoko mengaku belum mengetahui secara pasti nilai besaran insentif untuk pembeli kendaraan listrik. Hal itu ia serahkan kepada Kementrian Keuangan yang saat ini tengah menghitung anggarannya.

Freestyle menggunakan motor listrik Yadea di IIMS 2023 (Foto: Indomobil)

Hal ini tentu akan menjadi faktor pemacu bagi industri dan masyarakat Indonesia untuk segera beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Kebijakan insentif, lanjutnya, diproyeksikan mampu memberi daya dorong atas bertumbuhnya industri-industri dalam negeri.

Terlebih, hadirnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik sebagai kendaraan dinas operasional/perorangan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah menjadi pemicu kuat untuk membantu mengembangkan industri kendaraan listrik lokal.

Baca Juga: Yadea Resmikan Diler Motor Listrik Pertamanya Di Indonesia

"Apalagi Pemerintah juga menyiapkan instrumen insentif bagi pembeli kendaraan listrik. Nantinya menurut saya, motor listrik produksi lokal bahkan akan berkembang layaknya UMKM," jelasnya.