Periksa Bagian Mobil Ini Saat Musim Hujan

Periksa Bagian Mobil Ini Saat Musim Hujan Ilustrasi Musim Hujan. Mengendarai mobil ketika musim hujan membutuhkan persiapan dan konsentrasi khusus. (Foto Istimewa)

Hujan turun tak kenal waktu, mengendarai mobil ketika musim hujan membutuhkan persiapan dan konsentrasi khusus. Agar keamanan dan keselamatan berkendara tidak mengalami hambatan, berikut ini beberapa tips praktis dari mobil88.

Cek Kondisi Wiper
Berfungsi dengan baik atau tidak. Lihat apakah kotoran atau air, benar-benar terkikis dari permukaan kaca depan mobil. Jika kondisi karet wiper sudah tidak layak, segera lakukan penggantian. Karena jika hal tersebut dibiarkan, akan menggores dan merusak permukaan kaca depan mobil.

Cek Kondisi Air dan Cairan Pembersih Kaca Depan
Hal ini akan membantu proses pembersihan permukaan kaca depan mobil saat terkena hujan. Kebersihan kaca depan tidak bisa dianggap remeh, karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi keamanan dan keselamatan berkendara, terutama saat kondisi hujan.

Pastikan AC Berfungsi Normal
Karena AC akan menghindari terjadinya pengembunan pada permukaan kaca saat kondisi hujan. Fungsi AC yang tidak optimal akan memicu timbulnya embun pada permukaan kaca. Tentu saja, hal ini sangat berbahaya. Karena konsentrasi dan pandangan pengemudi menjadi terganggu.

Cek Kondisi Semua Lampu
Karena saat musim hujan, terutama ketika hujan deras, suasana cuaca akan lebih gelap dibanding kondisi normal. Hal ini sangat memerlukan bantuan penerangan cahaya dari lampu mobil. Cek lampu depan, lampu kabut, lampu rem dan lampu kabin.

Cek Kondisi Tapak Ban Mobil
Kondisi permukaan jalan yang basah dan licin saat musim hujan, membutuhkan kondisi tapak ban yang optimal, sehingga tidak terjadi slip saat mobil dikendarai.

Baca Juga: