POPULAR STORIES

Peringati 60 Tahun Astra Dan Penerima SATU Indonesia Awards 2017

Peringati 60 Tahun Astra dan Penerima SATU Indonesia Awards 2017 Foto bersama pemenang Astra Satu Indonesia Awards (Foto: Yudi Atmajaya/kabaroto)

Sejak tahun 2010 PT Astra International Tbk (Astra) melalui program Satu Indonesia Awards terus berdedikasi untuk mencari anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan mampu memberdayakan serta menggerakkan masyarakat daerah tempat tinggalnya, untuk tujuan positif mulai dari ujung timur sampai barat Nusantara.

Tahun ini, untuk ke-8 kalinya, Astra kembali memulai program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards. Bincang inspiratif SATU Indonesia Awards (SIA) menghadirkan Fasli Jalal, salah satu dewan juri SIA yang merupakan Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI 2010-2012 sekaligus Guru Besar Pascasarjana Universitas Negri Jakarta.

Mewakili bagian timur Indonesia, hadir Risna Hasanuddin dari Papua, penerima apresiasi SIA kategori Pendidikan tahun 2015, serta Ichsan Rusydi dari ujung barat Indonesia, serambi Mekkah Aceh, penerima apresiasi SIA kategori kelompok tahun 2016.

Foto Diskusi Bersama Peserta Satu Indonesia Awards 2017 (Foto: Yudi Atmajaya/kabaroto)

Kedua penerima apresiasi SIA ini dipilih untuk mewakili wilayah bagian Timur sampai Barat Indonesia. Astra menyadari bahwa masih banyak pemuda-pemudi di pelosok Nusantara yang selalu mendedikasikan dirinya dalam berkontribusi positif dan meningkatkan kualitas masyarakat di sekitar mereka.

Program tahunan SATU Indonesia Awards diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda untuk mencari pemuda-pemudi terpilih Indonesia yang telah memberdayakan serta menggerakkan masyarakat daerah tempat tinggalnya.

Di HUT ke-60 Astra tahun ini, Astra akan memberikan bantuan dana pengembangan masyarakat sebesar masing-masing Rp60 juta untuk penerima apresiasi tingkat nasional. Mereka yang terpilih menjadi penerima SATU Indonesia Awards adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagai berikut.

1. Berusia maksimal 35 tahun

2. Individu atau kelompok dengan jumlah anggota minimal 3 orang.

3. Memiliki kegiatan yang orisinal.

4. Penggiat/kegiatannya telah berlangsung minimal 1 tahun.

5. Belum pernah menerima penghargaan Nasional/Internasional.

6. Bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Grup.

7. Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti SATU Indonesia Awards 2017.

Kegiatan yang dapat didaftarkan dalam program ini adalah kegiatan yang mendapat membantu dan mengusahakan orang lain agar bisa menjadi mandiri, dengan memberikan solusi, cara atau alat bukan sekadar memberikan sumbangan atau donasi yang berdampak sementara.

Juga dapat berupa pelatihan keterampilan sekelompok orang, komunitas atau masyarakat yang kurang beruntung, sehingga mereka mempunyai keahlian dan dapat hidup mandiri. Sampai saat ini telah terdaftar 39 orang penerima apresiasi SATU Indonesia Awards yang telah berkarya dalam berbagai kategori Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha, Kesehatan, Teknologi, dan Kelompok.