Perjalanan Pikap Mitsubishi Dari Masa Ke Masa

Perjalanan Pikap Mitsubishi dari Masa ke Masa Mitsubishi Forte (MMC)

KabarOto.com - Mitsubishi Motors sedang merayakan ke-40 tahun perjalanan model pikapnya, yang pertama kali diperkenalkan pada 1978 silam. Tak hanya merayakan, tahun ini pabrikan asal Jepang tersebut juga akan segera mengungkapkan pikap terbarunya.

Setelah 4 dekade, kendaraan tersebut sudah menjadi andalan mobilitas bagi 4,7 juta orang, berkat daya tahan, performa daya angkut, pengendalian, utilitas, dan kenyamanan yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Penasaran dengan penampakan model pikap Mitsubishi dari generasi ke generasi? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Generasi Pertama

Pada September 1978 Mitsubishi meluncurkan Forte. Pikap 1 ton ini diperkenalkan di Jepang dan diekspor ke beberapa negara dengan mengunakan nama Mitsubishi Truk dan L200. Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin.

Forte ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter. Namun Mitsubishi juga menyediakan pilihan mesin 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara, yang mulai diekspor mulai bulan Oktober 1978. Selain itu, disediakan pulan mesin 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lain, serta pilihan mesin diesel 2.3 liter.

Dua tahun kemudian, pada Oktober 1980, Mitsubishi mulai memperkenalkan sistem 4WD part-time pada Forte. Penggunaan sistem penggerak 4 roda ini, dilandasi pemikiran bahwa sejatinya mobil pikap harus mampu menempuh semua jenis medan di mana pun.

Baca Juga: Profil - Mitsubishi Xpander 2018

Generasi Kedua

Pada Maret 1986 terjadi perubahan model secara total. Serta diperkenalkan pula 3 variasi bodi, yakni Single Cab, Club Cab dan Double Cab, dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab.

Mitsubishi menyediakan pilihan penggerak 2WD dan 4WD, dengan opsi mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter dan diesel 2.5 liter (meningkat dari 2.3 liter).

Lalu pada Mei 1991, diperkenalkan versi terbaru dengan nama Strada untuk pasar Jepang (khusus Double Cab).

L200 gen 2