POPULAR STORIES

Permudah Jangkauan, Pertamina Sebar Pertashop Hingga Ke Desa

Permudah jangkauan, Pertamina Sebar Pertashop Hingga ke Desa Ilustrasi Pertashop (ist)

KabarOto.com - PT Pertamina (Persero) terus meningkatkan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM), dengan terus membuat bentuk layanan baru sehingga dapat di jangkau dengan mudah di berbagai wilayah.

Salah satunya dengan mmmbuat layanan Pertashop yang dioperasikan di Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Ciamis, Jawa Barat. Dengan adanya Pertashop ini, masyarakat yang ada di desa, tak perlu harus jauh-jauh SPBU yang ada di kota terlebih dahulu, untuk mendapatkan BBM.

Baca Juga: Beli BBM Via Online, Bisa Dapat Voucher Bensin Pertamina

Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau langsung pengoperasian Pertashop. Peninjauan ditandai dengan pengisian secara simbolis Pertalite kepada konsumen, yang dijual di Pertashop Pamarican Rp 8.750 per liter.

Peresmian Pertashop secara simbolis

Program ini sekaligus menjadi bagian dari pemberdayaan ekonomi sejumlah daerah terpencil. Pertashop hadir bersama layanan BUMN lain dalam BUMN Shop dengan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan Pertashop adalah sebuah layanan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap layanan One Stop Pertamina Product yaitu BBM, LPG dan Pelumas Pertamina.

"Saat ini di wilayah Priangan Timur sudah ada enam unit BUMDes yang menyediakan layanan Pertashop. Tiga di antaranya sudah beroperasi dan sisanya masih dalam finalisasi," jelasnya.

Di Priangan Timur, kecuali Garut, Pertashop hadir di BUMDes Pandawa Kab.Tasikmalaya, BUMDes Sari Mandiri Kab.Ciamis, BUMDes Mukti Sari Pamarican Kab.Ciamis, BUMDes Mulia Kab.Ciamis, BUMdes Rancapaku Kab.Tasikmalaya dan BUMDes Nanjung Jaya Kab.Tasikmalaya.

Baca Juga: Pertamina Sosialisasikan Unsur Safety Saat Mengisi BBM Di SPBU

Dengan demikian total Pertashop yang sudah beroperasi di Jawa Barat sebanyak 15 unit, dengan beragam status, mulai dari yang sedang persiapan hingga sudah beroperasi. Delapan di antaranya ada di Sukabumi, satu di Garut, tiga di Tasikmalaya dan tiga lainnya di Ciamis.

"Dengan adanya Pertashop ini, diharapkan masyarakat Pamarican bisa makin mudah mendapatkan layanan Pertamina. Baik itu BBM, LPG, maupun Pelumas, sekaligus menumbuhkan perekonomian daerah karena usaha ini dikelola langsung oleh masyarakat," pungkas Nicke.