POPULAR STORIES

Pertamina Makin Gencar Dengan Pertashop

Pertamina Makin Gencar dengan Pertashop Foto: Pertamina

KabarOto.com - PT Pertamina terus mengembangkan perluasan distribusi bahan bakar ke desa-desa, salah satunya melalui Perta Shop. Mungkin sebagian orang masih asing dengan nama ini, Pertashop merupakan unit SPBU modular dengan kapasitas tangki 1.000 hingga 5.000 liter.

Ada tiga jenis atau kelas Pertashop yang akan dibangun yang disesuaikan dengan lokasi dan kondisi pasar. Pertama silver, yaitu Pertashop yang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 1.000 liter. Untuk jenis ini, pertamina hanya akan membangun satu pompa saja.

Kedua Gold, yaitu Pertashop yang memiliki kapasitas tanki timbun 2.500 liter, sedangkan yang ketiga adalah Platinum. Jenis ini memiliki kapasitas tangki timbun hingga 5.000 liter.

pertamina

Ternyata usaha pemberdayaan masyarakat yang didukung oleh Pertamina ini mendapat perhatian juga dari Presiden RI, Joko Widodo. Dimana beliau melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Garut, didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Nah, semakin merakyat Pertashop ternyata merupakan bagian dari usaha milik desa, salah satunya dinaungi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), atau lembaga yang ditunjuk untuk menyediakan beberapa kebutuhan masyarakat terutama produk-produk dari BUMN.

Layanan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap layanan One Stop Pertamina Product yaitu BBM, LPG dan Pelumas Pertamina. Bahkan tidak hanya produk dari Pertamina lho, Pertashop ini juga menjual usaha desa lainnya seperti kebutuhan sembako, listrik, pulsa, pupuk, dan lain-lain.

pertamina

Di area Jawa Barat, Pertamina telah menghadirkan 11 unit Pertashop yang tersebar di beberapa area. Dimana 8 diantaranya berada di Sukabumi, kemudian 2 ada di Ciamis. 10 Pertashop ini menggandeng BUMDes. Nah, 1 unit yang terakhir lokasinya di Garut yang menggandeng Pesantren.

Arya Dwi Paramita selaku Media Communication Manager menjelaskan, "Pertashop hadir menggandeng berbagai pihak, seperti pesantren dan BUMDes, sebagai upaya penguatan ekonomi dengan membangun rantai distribusi produk Pertamina."

"Harapannya, dengan adanya sinergi BUMN seperti ini bisa membantu perkembangan ekonomi desa menjadi lebih maju," tambahnya.