POPULAR STORIES

Peugeot 308, Bawa Identitas Baru

Peugeot 308, Bawa Identitas Baru

KabarOto.com - Peugeot 308 sepertinya kembali menggemparkan para penggemar hatchback yang selalu tergoda dengan oleh racikan Jerman ataupun Jepang.

Peugeot meyakini bahwa 308 terbaru merupakan suguhan paling efisien, praktis, dan punya teknologi paling unggul.

Senjata baru yang diusung oleh Peugeot 308 selain logo baru Singa Prancis adalah performa plug-in hybrid untuk pertama kali disuguhkan. Kemudian generasi terakhir Peugeot i-Cokpit berteknologi 3D ditambah i-Connect Advanced.

Baca juga: Tampang Peugeot 308 Terbaru Mulai Terungkap!



Peugeot telah merevisi secara menyeluruh penampilan 308 sehingga tampil lebih memikat di segmennya. Panjang jarak sumbu roda telah ditambah 55 mm, diyakini menambah ruang lebih lega di penumpang.

Tinggi kendaraan lebih rendah 20 mm membuat 308 terlihat lebih pipih, layaknya mobil pencetak kecepatan. Peugeot memastikan bahwa 308 sudah melewati terowongan angin untuk menata aerodinamika. Itu terlihat adanya spoiler panjang di bagian belakang dan menjadi gaya baru di 308.



Lebih jelasnya, dimensinya memiliki panjang 4.367 mm, lebar 1.852 mm dan tinggi kendaraan 1.441 mm. Jarak sumburodanya 2.675 mm. Radius putarnya 10,51 meter dan grounc clearance 140 mm.

Lampu depan adaptasi LED yang kian tipis di 308, namun dijamin penerangan sangat optimal berkat Peugeot Matrix LED Technology. Tarikan garis lampu ini juga sebagai identitas baru yang langsung dapat di sadari sebagai keluarga Peugeot.



Di bagian belakang, pendaran rem gunakan teknologi LED yang menunjukkan khas mobil Peugeot yakni 3 tanda cakaran.

Saat berada di ruang kemudi, akan disapa oleh meter cluster dengan tampilan digital seluas 10 inci. Untuk versi GT, cluster dibagi 3 dimensi. Di layar ini bisa sekaligus mendapati tampilan navigasi, radio, driving aids, energy flow. Pemilik bisa bebas memilih mana saja yang ingin ditampilkan.



Sementara di konsol tengah, menjadi standar layar sentuh ukuran 10 inci. Ditempatkan lebih rendah dari digital cluster, sehingga mudah diakses oleh tangan pengendara.

Tampilan ergonomis berkendara tinggal menekan mode Reserve, Neutral, dan Drive. serta dua tombol Parking dan Manual. Transmisinya otomatis delapan percepatan.

Oh iya, untu Driving Style Selector, bisa banyak pilihan yakni mode Electric, Hybrid, Eco, Normal, dan Sport.

Selama di ruang kokpit terdapat pengisian baterai ponsel wireless, kenyamanan lainnya dua cup holder besar, dua soket USB type C untuk mengisi baterai dan memindahkan data atau mirroring. Tempat penyimpanan mencapai 34 liter dan sandaran tangan.



Penerangan temaran sesuai dengan suasana hati ada delapan pilihan warna. Akan berpendar sebagai dekorasi tepi layar hingga panel pintu.

Perintah suara "OK Peugeot" bisa untuk mengaktifkan berbagai fungsi fitur yang ada di Peugeot 308.

Mobil yang sedianya diluncurkan akhir penghujung tahun ini dikabarkan akan disematkan pilihan semi otonom Drive Assist 2.0. Termasuk Adaptive cruise control dengan fungsi Stop and Go, Lane Keeping Aid.

Tiga fungsi tambahan lainnya adalah Semi-automatic Lane Change, menyarankan pengendara untuk menyalip kendaraan di depan dan setelah itu kembali ke lajur, bisa difungsikan mulai dari kecepatan 70 -180 kpj.

Rekomendasi kecepatan juga disarankan saat melesatkan 308, sesuai dengan rambu kecepatan, dapat melakukan pengereman maupun akselerasi. Curve Speed Adaptation juga bisa dilakukan meski laju mobil dari 180 kpj.

Keunggulan lain yang disuguhkan selama mengendarai 308 terbaru adalah jarak blind spot kini mencapai 75 meter. Ada Rear Traffic Alert, kamera definisi tinggi 180 derajat saat mundur.

Selain itu dibantu 4 kamera parkir menatau 360 derajat sekeliling kendaraan. Saat musim salju, terdapat pemanas kaca depan dan penghangat lingkar kemudi.

Terdapat Automatic Emergency braking mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda di kondisi siang atau malam. Berfungsi saat 308 ini melaju 7 kpj hingga 140 kpj.



Perihal performa, untuk 308 Hybrid ini dipasangkan mesin 1.598 cc bertenaga 147,5 dk pada 6.000 rpm dan torsinya 250 Nm pada 1.750 rpm.

Baca juga: Bawa Mobil Lansiran 2021, Peugeot Gelar Promo Jualan Online

Nah, untuk satu motor listrik yang diletakkan di depan suguhkan 108 dk pada 2.500 rpm dan torsi 320 Nm mulai dari 500 hingga 2.500 rpm. Kapasitas baterainya 12,4 kWh dan punya jarak tempuh 60 km.



Perihal pengisian baterai 0-100% butuhkan waktu 7 jam dengan pengisian 8A, 3,7 kW. Makin singkat lagi bila gunakan 14A charger 3,7 kWh, hanya 3 jam 50 menit. Sedangkan bila gunakan 32A Wallbox dengan pengisian 7,4 kW hanya perlu 1 jam 55 menit.