POPULAR STORIES

Peugeot 9X8, Mobil Yang Berlaga Di Le Mans Bisa Diboyong Ke Rumah

Peugeot 9X8, Mobil yang Berlaga di Le Mans Bisa Diboyong ke Rumah Foto : Lego.

KabarOto.com - Peugeot mengumumkan kembalinya mereka ke Kejuaraan Ketahanan Dunia dan Le Mans 24 Jam, dalam kategori Hypercar. Pembuat mobil asal Prancis itu, akan membalap menggunakan 9X8, sebagai penerus 905 dan 908 dengan powertrain hybrid generasi baru.

Namun berkat Lego, penggemar bisa nih turut punya replikanya, dan bisa dipajang di rumah. Peugeot bekerja sama dengan Lego untuk membuat miniatur 9X8 24H Le Mans Hybrid Hypercar sebagai bagian dari seri Lego Technic.

Mobil ini memiliki skala 1:10 dari mobil balap aslinya. Dibangun dengan 1.775 buah balok Lego, 9X8 memiliki panjang 50 cm, lebar 22 cm, dan tinggi 13 cm. Karena ini Lego Technic, maka fitur seperti komponen eksterior yang bersinar dalam gelap, suspensi berfungsi, dan mesin V6 dibuat mekanismenya semirip mungkin.

Baca Juga : Keren, Kia EV6 Dibangun Dari 350.000 Lego

Kerja sama teknis dengan Lego Group, dimulai pada Januari 2022, lima bulan sebelum Peugeot 9X8 terungkap. Butuh satu tahun mengembangkan proyek sepenuhnya dengan tim teknis dan desain, memungkinkan mereka mengubah detail teknis 9X8 ke model Lego Technic. "Penting bagi kedua merek membuat model yang serealistis mungkin,” jelas Olivier Jansonnie, direktur teknis Peugeot Sport.

Baca Juga : Miniatur Peugeot 9X8 Balap Endurance Resmi Dijual Rp1,32 Juta

Lego dan jaringan diler Peugeot sendiri, akan mulai penjualan pada 1 Mei mendatang, dengan harga sekitar US$ 199 atau setara Rp 3 jutaan.