POPULAR STORIES

Peugeot Gandeng Total Ciptakan Hypercar Untuk Balap 2022

Peugeot Gandeng Total Ciptakan Hypercar untuk Balap 2022

KabarOto.com - Divisi Peugeot Sport rilis produk kolaborasi bersama Total. Sosok hypercar bakal berlaga di ajang kejuaraan FIA World Endurance Championship (FIA WEC) pada tahun 2022 nanti.

Kedua tim tersebut membangun mesin Peugeot Hybrid4 500KW dan memenuhi standar regulasi pada ajang tersebut. Peugeot dan Total memang telah bekerjasama selama 25 tahun terakhir ini.

Baca Juga: Dihajar Pandemik, Penjualan Peugeot Merangkak Naik Dari Tahun Sebelumnya

Peugeot menjabarkan beberapa fitur kunci dari mesin Peugeot Hybrid4 500KW yang akan tampil nanti:

  • Teknologi hybrid dengan mesin mid-rear 2.600 cc bertenaga 680 dk, twin turbo berkonfigurasi V6, dikawinkan dengan mesin elektrik 200KW.

  • Baterai hasil pengembangan oleh Peugeot, Total dan beberapa perusahaan lain.

  • Transmisi 4WD dengan girboks tujuh percepatan.

  • Sistem tersebut dikembangkan langsung dibawah supervisi Francois Coudrain yang merupakan Peugeot Sport’s WEC Program Powertrain Director.

Baca juga: Budget Rp400 Jutaan, Pilih BMW X1 Bekas Atau Honda HR-V 1.8 Baru?

Peugeot Sport pernah menghasilkan mesin V12 dan V8 yang disematkan pada Peugeot 908s. “Arsitektur dari mesin Peugeot Hybrid4 500KW adalah hasil dari regulasi terbaru FIA WEC,” Ucap Francois Coudrain, perancang dari mesin hypercar Peugeot tersebut.

“Kami sebelumnya ingin menyematkan single turbo, namun hal tersebut menghalangi centre of gravity pada mesin kami. Kami menyematkan mesin twin-turbo V6 yang memberikan teknologi, bobot dan peforma yang optimal,“ imbuhnya.

Girboks tujuh percepatan (termasuk mundur) dapat dikontrol melalui paddle shift pada roda kemudi. Sistem pengereman brake-by-wire juga terkendali secara elektronik. Pengemudi dapat mengatur kekuatan pada pedal rem saat deselerasi. Langkah ini untuk mengisi tenaga listrik pada hypercar tersebut.