POPULAR STORIES

Pilih Ban Mobil Tipe V

Pilih Ban Mobil Tipe V Ini merupakan contoh ban tipe V (Foto: mobilku.org)

Ban merupakan hal penting di dalam berkendara. Ban juga memiliki beragam spesifikasi yang terkadang membingungkan konsumen dalam menentukan pilihannya. Tipe V adalah jenis ban yang patut dipertimbangkan.

Tipe alur V ini adalah jenis ban yang agressif. Produk ini memiliki kemampuan mencengkram aspal dengan baik. Dan juga mampu mereduksi suara dari putaran ban. Kelebihan ban jenis ini adalah kemampuan untuk memberikan pengendalian yang lebih baik terhadap kondisi jalan basah dan saat berbelok.

Menurut Bengkel Wigna Ban Depok, kode V di sini menunjukan kecepatan maksimal yang mampu diatasi oleh ban tersebut. dalam hal ini adalah hingga 240 kph. Sebagai contoh ukuran P195/55/R15 84V. P di bagian depan merupakan symbol dari (Passenger) ini. Berarti ban tersebut diperuntukan bagi mobil penumpang. Misalnya, LT (Lite Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan. Sedangkan R berarti jenis ban radial.

"Umumnya terdapat 2 jenis ban di pasaran, jenis radial dan bukan radial (biasa). Secara sepintas tidak ada yang beda, yang membedakan hanya pada konstruksinya," ucap Anton, pemilik Wigna Ban Depok.

Selain untuk mengenali kode ban V tersebut, Bro and Sist juga bisa melirik kode kecepatan. Yang perlu di ingat adalah bahwa kinerja ban memiliki keterbatasan. Nah, Anda harus memperhatikan huruf yang tercetak pada dinding ban tersebut. Walaupun, ini dimaksudkan bagi mobil spesifikasi balap. Tapi jika, Anda melajukan mobil sampai kecepatan maksimum, pastikan ban dapat bertahan terhadap panas akibat rotasi ban yang berputar kencang. Misalnya, P195/55/R15 84V

Yang perlu diperhatikan juga di dalam membeli ban adalah perhatikan pola tapak ban. Desain model atau pola tapak ban menentukan daya cengkram dan juga tingkat kenyamanan mobil. Tapak yang baik adalah yang berdesain normal. Untuk memberikan kenyamanan dalam penggunaan mobil sehari-hari.

Baca Juga: