Pilih Mana, Jok Kulit Sintetis Atau Semi Sintetis?

Pilih Mana, Jok Kulit Sintetis atau Semi Sintetis? Jok kulit sintetis dan semi sintetis

KabarOto.com - Tidak hanya eksterior, area interior juga menjadi bagian yang sering dimodifikasi oleh pengguna kendaraan roda empat. Jok mobil biasanya menjadi bagian yang paling sering diubah. Nah, agar memberi kesan mewah, pengguna lebih memilih mengganti jok mobil dengan menggunakan kulit.

Untuk mengubah tampilan jok yang mewah menggunakan kulit asli dapat mencapai 10 juta, bahkan lebih. Dengan kelebihannya yang membuat dudukan nyaman dan adem, tetap saja mengharuskan merogoh kocek dalam-dalam. Tapi tenang saja, karena jok mobil juga ada pilihan kulit sintetis dan micro fiber leather atau semi sintetis yang memiliki harga lebih murah ketimbang kulit asli.

jok mobil

Jika ingin memilih kulit sintetis, seperti namanya, kulitnya merupakan tiruan dan sama sekali tidak mengandung kulit sapi asli. Harga yang ditawarkan juga sangat murah, berkisar Rp 2-3 juta.

Karena kulit ini hanyalah tiruan, pastinya efek yang diberikan juga tidak sama dengan kulit asli. Kulit sintetis ini memberikan efek mudah gerah pada bagian punggung dan dudukannya. Selain itu dapat membuat berkeringat karena tidak menyerap panas.

jok mobil

Jika tidak suka dengan efek yang diberikan kulit sintetis, masih ada nih kulit semi sintetis yang menawarkan kenyamanan mirip dengan kulit sapi asli. Harganya tetap lebih murah dari kulit asli, dengan kisaran harga sekitar Rp 5 jutaan, yang menawarkan kenyamanan menyerupai kulit asli.

"Biasanya sih orang lebih milih pakai semi sintetis atau micro fiber leather. Soalnya tinggal nambah harga sedikit udah dapat jok kulit yang mirip kulit asli, lebih nyaman juga dan nggak panas," jelas Ananta, owner Avatgarde.

Pengguna dapat merasakan kenyamanan yang jauh lebih baik ketimbang kulit sintetis. Jika pada kulit sintetis membuat punggung dan dudukan panas dan berkeringat, pada kulit semi sintetis jauh lebih terasa adem dan punggung tidak panas. Kulit sintetis Carrera memiliki pilihan warna yang cukup banyak dengan warna-warna dasar.

jok

Salah satu merek pilihan kulit semi sintetis seperti, Vision dengan seri Bugatti yang dimiliki Avantgarde. Vision mengatakan pada website resminya, bahwa kulit semi sintetis milik mereka telah melewati serangkaian proses dengan bahan dasar air dan VOC rendah.

jok

Katanya, hal ini mempengaruhi kelembutan pada kulit, serta membuat kulitnya mudah dibersihkan. Kulit semi sintetis dari Vision ini mengklaim mampu menahan panas dan memastikan warna tetap cemerlang. Selain itu, kulit semi sintetis juga memiliki beragam pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.