POPULAR STORIES

Pohon Dan Rumput Jadi Bahan Baku Pembuatan Ban

Pohon dan Rumput Jadi Bahan Baku Pembuatan Ban

Karet dikenal sebagai bahan baku utama dalam pembuatan ban. Namun, tim penelitian yang dipimpin oleh University of Minnesota baru-baru ini berhasil memproduksi ban mobil dari pohon dan rumput.

Seperti dilansir phys.org, Rabu (15/2/2017), hasil riset ini dipublikasikan di jurnal terkemuka bernama American Chemical Society's ACS Catalysis.

"Tim kami menciptakan proses kimia baru untuk membuat isoprene, molekul kunci dalam ban mobil, dari produk alam seperti pohon, rumput, atau jagung," ujar Paul Dauenhauer, profesor teknik kimia dan ilmu material dari University of Minnesota.

Di tahap akhir setelah melalui proses panjang, isoprene mereaksikan dirinya sendiri ke dalam rantai panjang untuk menghasilkan polimer padat, yang merupakan komponen utama dalam ban mobil. Tak ada perbedaan antara ban ini dan yang konvensional.

Penemuan ini akan benar-benar direalisasikan dalam bisnis ban, yang nilai ekonominya sangat tinggi. Meski memang sejauh ini belum ada pemain di industri tersebut yang menyambutnya.

"Penemuan ini juga bisa berdampak pada produk berbasis karet yang menggunakan teknologi canggih lainnya," ujar Frank Bates, ahli polimer dari University of Minnesota Regents Professor of Chemical Engineering and Materials Science.

Berita Terkait

Berita Terkait