POPULAR STORIES

Polestar 3 Resmi Meluncur, SUV Listrik Sanggup Tempuh 482 Km

Polestar 3 Resmi Meluncur, SUV Listrik Sanggup Tempuh 482 Km Polestar 3 2023 (foto : Polestar)

KabarOto.com – Baru-baru ini meluncur SUV bertenaga listrik terbaru, yakni Polestar 3. SUV listrik asala Swedia tersebut dilengkapi baterai yang cukup besar, sehingga memiliki kemampuan jelajah lebih jauh untuk sekali charge baterai kondisi penuh.

Polestar merupakan divisi lain dari Volvo yang membuat mobil performa tinggi. Kini, mereka fokus untuk membuat mobil listrik dengan performa tinggi dan jarak tempuh yang cukup jauh.

Secara tampilan, SUV ini tampil modern nan tangguh dengan gril lima sisi dan lampu depan ‘Thor Hammer’. Pada bagian samping, tarikan desainnya menggusung SUV kupe dengan window line yang cukup sempit.

Baca juga: Bus Listrik Zhongtong Bus 12 Meter Calon Armada Transjakarta

Dengan desain seperti ini, pihak Polestar klaim SUV ini memiliki koefisien drag sebesar 0,29. Pada bagian belakang, terlihat penggunaan lampu LED berbentuk huruf ‘C’ yang menyambung seperti model Polestar sebelumnya. Adapun penggunaan diffuser ukuran besar di bumper.

Pelek mengadopsi model multipalang berukuran 21 atau 22 inci (tergantung tipe), dibalut ban Pirelli P Zero. Pengereman didukung kaliper lansiran Brembo untuk mengimbangi perfoma gaharnya.

Beralih ke interior, pengemudi akan disambut oleh layar instrumen kluster 14,5 inci dengan sistem operasi Android Automotive Polestar. Sistem ini memiliki setup built-in Google Maps, Google Voice Assistant, update over-the-air dan konektivitas Apple CarPlay. Head unit ini tersambung ke sistem audio Bowers & Wilkins dengan 25 speaker.

SUV ini dibekali motor listrik di keempat roda dengan tenaga hingga 517 dk (380 kW) dan torsi 909 Nm, untuk varian Long Range Dual Motor yang dilengkapi paket peningkatan performa. Sementara, varian Long Range Dual Motor yang reguler, memiliki keluaran tenaga 489 dk (360 kW) dengan torsi 840 Nm.

Baca juga: Everrati Ubah Porsche 911 Cabriolet 964 Menjadi Mobil Listrik, Tenaga Mencapai 500 Dk

Motor listrik ini didukung oleh baterai Lithium-ion 400V berkapasitas 111 kWh yang memiliki jarak tempuh 434 km (Long Range Performance) dan 482 km (Long Range). Diklaim dapat mengisi daya 10-80 % dalam waktu 30 menit saja jika menggunakan paket charger DC 250 kW, sementara pengisian dengan charger AC 11 kW membutuhkan waktu 11 jam hingga terisi penuh.

Soal fitur keselamatan, dibekali Driver Monitoring System, Occupant Detection System, Blind Spot Information System, Forward Collision Avoidance, Lane Keeping Aid, Cross Trafic Alert with Auto Brake. Adapun fitur opsional seperti Pilot Package yang termasuk Adaptive Cruise Control dengan stop-and-go, Park Assist, dan head-up display.

Polestar 3 hadir dalam beberapa pilihan warna yaitu Thunder, Space, Midnight, Jupiter, Snow, dan Magnesium. Adapun, SUV ini hadir dalam dua varian yaitu Long Range Dual Motor dan Long Range Dual motor with Performance Pack. Soal harga, mulai dari USD83.900 atau setara Rp 1,28 miliar hingga USD89.900 atau setara Rp 1,37 miliar.