POPULAR STORIES

Porsche Bakal Ubah Macan Dan 911 Jadi Mobil Listrik Dan Hybrid

Porsche Bakal Ubah Macan dan 911 Jadi Mobil Listrik dan Hybrid Porsche Macan dan Porsche 911. Foto: macanforum.com

Produsen mobil mewah asal Stuttgart, Jerman, Porsche, memberi sinyal kuat bakal mengubah sejumlah produksi unggulannya menjadi kendaraan ramah lingkungan berbahan bakar listrik dan hybrid.

Sinyal ini disampaikan seiring dengan tren mobil listrik dan hybrid yang makin disukai konsumen dan ketatnya persaingan antar-produsen untuk memasarkan mobil tipe tersebut di pasar global.

“Kami akan ubah beberapa model andalan kami menjadi mobil ramah lingkungan,” kata Bos Pemasaran Porsche, Detlev von Plate kepada Reuters sebagaimana dikutip motor1, Minggu (12/3).

"Sedang kami pertimbangkan model apa saja yang akan diubah menjadi hybrid dan listrik. Kemungkinan besar yang pertama kami ubah adalah Porsche Macan menjadi mobil listrik dan Porsche 911 menjadi mobil hybrid,” sambungnya lagi.

Menurut Detlev, Porsche 911 hybrid nantinya akan mirip dengan Porsche 718 Boxster dan 718 Cayman yang juga mengusung sistem hybrid. Langkah ini dinilai tepat dengan rencana Porsche yang akan memperkenalkan Mission E pada 2019.

Mobil hybrid Mission E dengan kode 'J1' diasumsikan bakal tembus hingga 482 km saat menggunakan tenaga listrik dan menawarkan 600 tenaga kuda.

Agar bisa cepat merealisasikan semua rencana ini, Porsche sampai mengkaryakan 1.400 pekerja dan menanam investasi senilai 700 juta euro untuk membangun pabrik khusus mobil listrik dan hybrid.

Lebih jauh tentang kedua model unggulan Porsche yang bakal diubah menjadi mobil hybrid dan listrik, di Indonesia Porsche Macan sudah muncul dalam tiga varian. Ketiga varian itu adalah Porsche Macan, Porsche Macan S, dan Porsche Macan Turbo. Masing-masing tipe berbeda pada sisi dapur pacu.

Untuk Porsche Macan memakai mesin 2.0Litre 4-silinder dengan 233HP dan torsi 350Nm. Kemudian Porsche Macan S menggunakan jantung pacu 3.0Litre V6 berkekuatan 335HP serta torsi 460Nm.

Sementara Porsche Macan Turbo sebagai varian terkencang, memakai mesin 3.6Litre V6 yang sanggup ngacir dengan tenaga hingga 394HP dengan torsi puncak hingga 550Nm.

Sedangkan Porsche 911 adalah mobil supercar yang paling terkenal hingga kini dan menjadi salah satu mobil paling legendaris sepanjang masa.

Di Indonesia, tahun lalu Porsche 911 baru diluncurkan untuk versi Carrera. Mobil ini memakai mesin generasi baru dengan bi-turbo. Paduan mesin dan bi-turbo itu meningkatkan sensasi berkendara.

Model ini juga punya kemampuan tenaga hingga 370 daya kuda. Sementara pada model 911 Carrera S menghasilkan 420 daya kuda. Meski begitu, keduanya tetap menggunakan mesin berkapasitas 3.0 L.