Porsche Putuskan Diversifikasi Usaha Ke Layanan Digital

Porsche Putuskan Diversifikasi Usaha ke Layanan Digital Foto: likegrass.com

Produsen mobil mewah asal Jerman, Porsche, membuat keputusan untuk merambah bidang bisnis baru. Upaya ini dimaksudkan untuk mendongkrak pendapatan perusahaan yang tahun ini berkurang signifikan akibat turunnya volume penjualan. Padahal tahun lalu pendapatan Porsche mencapai 22,3 miliar euro atau naik 4% dibanding tahun sebelumnya.

Untuk mewujudkan rencana ini, Porsche dikabarkan sudah menyiapkan alokasi dana ratusan juta euro. Dana tersebut diperuntukkan untuk membangun layanan digital berbentuk fasilitas penyewaan termasuk penyediaan software khusus.

Tingginya permintaan terhadap penyewaan kendaraan menjadi alasan kuat Porsche untuk masuk ke bidang bisnis tersebut. Manajemen Porsche bahkan memprediksi layanan mobilitas baru ini akan bisa memberikan kontribusi hingga dua digit persentase dari total pendapatan di masa mendatang.

"Untuk mengurangi penurunan ini, kami tidak punya pilihan lain selain untuk mengembangkan model bisnis baru di dunia digital yang terus tumbuh," kata CFO Porsche Lutz Meschke seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/3).

“Kami cukup yakin untuk melakukan diversifikasi usaha ke bidang layanan digital. Terlebih bidang usaha terebut sudah mulai menjadi tren dengan tingkat pertumbuhan yang cukup menjanjikan,” tutupnya.