Posisi Duduk yang Baik dan Unsur Safety Saat Bermotor

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 08 Oct 2016 - 06:09
Posisi Duduk yang Baik dan Unsur Safety Saat Bermotor
Ilustrasi Safety Riding yang diperagakan oleh seorang model (Foto: KabarOto/Alif Sowandono)

Bro and Sist para bikers, saat akan riding pastinya Bro and Sist akan memperhatikan posisi duduk yang nyaman, dengan posisi nyaman maka riding Bro and Sist akan terasa aman. Seperti apakah posisi duduk yang nyaman dan safety riding itu?

Juga perhatikan kelengkapan riding yang memenuhi standar safety riding, seperti helm, sepatu dan sarung tangan. Berikut ini panduan dan tips posisi duduk yang baik untuk pengguna sepeda motor.

1. Perhatikan posisi duduk
Sebelum menjalankan kendaraan, pastikan bro n sist telah berada pada posisi duduk yang benar dan senyaman mungkin. Posisi duduk pada saat diatas motor yang benar adalah paha bagian dalam menjepit jok (mengapit membentuk posisi V, pada bagian lutut hampir saling bersentuhan). Dengan posisi duduk seperti ini maka kendaraan akan menjadi lebih stabil saat dijalankan.

2. Memperhatikan posisi tangan
Setelah memahami bagaimana posisi duduk yang baik saat berada di atas motor, selanjutnya adalah memperhatikan posisi tangan. Posisi tangan yang baik adalah posisi tangan dengan keadaan menekuk 135 derajat. Selain memberikan efek yang lebih stabil, posisi tangan seperti ini juga memberikan efek meredam guncangan yang terjadi pada bahu saat motor berada pada kondisi jalan rusak.

3. Perhatikan pandangan
Selanjutnya adalah memperhatikan pandangan bro n sist saat berada diatas sepeda motor. Pandangan yang baik adalah pandangan yang bisa melihat jalanan secara luas. Hindari melihat dengan jarak pendek atau hanya pada bagian depan bawah ban depan motor bro n sist.

4. Tehnik menggunakan pengereman
Tehnik pengereman yang baik merupakan faktor utama keselamatan bro n sist saat berkendara. Adapun beberapa tehnik pengereman motor yang benar adalah sebagai berikut, Pertama, selalu pastikan jari telunjuk tangan kanan bro n sist berada pada handle rem, jika bro n sist menggunakan motor kopling, maka jari-jari pada tangan kiri bro n sist selalu berada pada tuas kopling agar bisa menarik tuas dengan cepat pada saat kendaraan mengerem. Kedua, fungsikan dengan maksimal kedua rem yang ada pada motor agar pengereman bisa dilakukan dengan lebih stabil dan aman. Usahakan posisi duduk tetap berada pada posisi yang tegak saat pengereman berlangsung.

5. Letak dan posisi kaki
Keadaan yang paling sering terjadi sekarang adalah kedua kaki tetap berada di bawah pada saat kendaraan telah melaju. Ingatlah jika hal tersebut sangat berbahaya, oleh karenanya selalu posisikan kaki kanan bro n sist berada pada tuas rem belakang sebelum kendaraan dijalankan maupun pada saat tengah berhenti.

6. Posisi Kaca Spion
Saat akan berkendara pastikan posisi kaca spion bro n sist sudah tepat, untuk memantau keadaan belakang dan kanan kiri bro n sist, demi keselamatan bersama antara bro n sist dengan pengendara yang lain. Demikianlah yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: