POPULAR STORIES

Prediksi Pasar Mobil Di Tahun Anjing Tanah Menurut Suhu Yo

Prediksi Pasar Mobil di Tahun Anjing Tanah Menurut Suhu Yo Prediksi Pasar Mobil di Tahun Anjing Tanah (Foto: Bimo Hariyadi)

KabarOto.com – Mumpung masih awal tahun dan berbarengan perayaan Tahun Baru Cina, KabarOto menemui Suhu Yo, ahli feng shui yang memiliki beberapa tempat praktek di seputaran Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Berikut hasil obrolan dengan pria yang meneruskan keahlian soal ramal meramal ini dari neneknya.

KO: Bagaimana kondisi pasar mobil di tahun 2018 ini?

Suhu Yo: Pasar mobil di tahun 2018 termasuk unsur yang lemah. Karena saat ini banyak diskon mobil besar-besaran, sampai diskon Rp 45 juta, contohnya (Daihatsu) Ayla, (Toyota Kijang) Innova. Itu sangat luar biasa, sebelumnya enggak ada diskon sampai Rp 45 juta, paling banter Rp 10 juta, itu juga sudah alhamdullilah ya. Karena kenapa, karena harga mobil anjlok, jadi kalau mereka (dealer) tidak bisa melepas mobilnya di tahun 2017, di tahun 2018 akan lebih sulit meski dengan diskon besar-besaran, tapi memang bakal habis terjual sih.

KO: Bisnis otomotif apa yang bakal maju di tahun 2018?

Suhu Yo: Di era digital saat ini, semua yang gaptek akan hancur. Di tahun 2018, persaingan layanan jasa konvensional akan kalah dengan yang berbasis digital seperti perusahaan taksi akan kalah sama Grab, Gojek, perusahaan-perusahaan online.

KO: Bagaimana di segmen mobil premium atau kelas atas?

Suhu Yo: Selain itu mobil kelas atas yang harganya di range Rp 200 juta sampai Rp 400 jutaan, diprediksi penjualannya akan sepi. Pasar mobil-mobil impor pasti anjlok semua. Dulu banyak teman-teman saya yang beli mobil impor, bisa enggak pakai pelat nomor. Mereka bilang daripada saya bayar pajak Rp 20 juta sampai Rp 30 juta, mending sayar bayar polisi Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu kelar. Nah, sekarang hal itu udah enggak berlaku.

KO: Untuk yang ingin memiliki mobil bekas bagaimana Suhu?

Suhu Yo: Prediksi penjualan mobil-mobil bekas akan anjlok di tahun 2018. Contohnya Mazda CX-7, ada yang ingin jual Rp 630 juta, (tapi) lakunya hanya di Rp 230 juta.

Peramal, Suhu Yo (Foto: Rizky Fitriyanto/Merahputih.com)