Presiden Joko Widodo Resmikan Pabrik Mitsubishi Cikarang

Presiden Joko Widodo Resmikan Pabrik Mitsubishi Cikarang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, foto bersama dengan karyawan Mitsubishi di peresmian pabrik baru Cikarang (Foto: Istimewa)

Selesainya pembangunan pabrik baru Mitsubishi yang berada di Cikarang, Bekasi Jawa Barat langsung diresmikan pada Selasa 24 April 2017 hari ini. Investasi sebesar Rp 7,5 triliun yang dilakukan Mitsubishi Motor Corporation ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dimana Mitsubishi telah memiliki pabrik di wilayah Pulo Gadung, Jakarta Utara. Untuk menambah lahan produksi, Mitsubishi menanbahkan lahan seluas 51 hektar di wilayah Cikarang. Dengan kapasitas 160.000 unit per tahun dengan lebih dari 500 penyuplai lokal yang terdiri dari 212 tier dan 369 tier dua.

Dalam kesempatan kali ini Presiden Joko Widodo mengungkapkan, " investasi di dalam negeri jangan di persulit". Dengan tujuan, supaya perekonomian Indonesia dapat bergerak dengan baik.

"Supaya makin banyak rakyat kita yang mendapat pekerjaan, karena investasi bisa membuka lapangan kerja baru," ucap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya.

Pabrik baru Mitsubishi mampu menampung 3.000 tenaga kerja, dan dalam pekerjaannya para pekerja akan memproduksi dua mobil penumpang Pajero Sport dan MPV Sejuta Umat Mitsubishi.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto yang turut hadir dalam peresmian mengatakan, skala industri otomotif ‎besar di Indonesia, selain Mitsubishi sudah ada dua pabrik otomotif besar yang berdiri di kawasan Cikarang, yaitu Suzuki dan SGMW Motors Indonesia (Wuling).

"Tenaga kerja di industri ini ada 3 juta orang, itu untuk roda empat dan dua. Industri ini penting karena ditargetkan bisa mencapai ‎2,5 juta unit pada 2020," ungkap Airlangga.