POPULAR STORIES

Produsen Eropa Kuasai Tiga Kategori Nominasi Mobil Terbaik Dunia 2017

Produsen Eropa Kuasai Tiga Kategori Nominasi Mobil Terbaik Dunia 2017 Foto: worldautoevolution.com

Nominasi calon penerima penghargaan World Car of the Year 2017 untuk tiap kategori sudah diumumkan oleh Komite World Car of the Year 2017. Menariknya, dari enam kategori yang diumumkan, tiga kategori sudah dipastikan bakal jatuh ke tangan produsen otomotif Eropa.

Ketiga kategori tersebut adalah untuk mobil terbaik tahun ini, mobil mewah, dan mobil dengan performa terbaik. Sedangkan tiga kategori lainnya masih terbuka peluang bagi Jepang sebagai wakil Asia untuk memenanginya.

Untuk kategori World Car of the Year 2017 atau mobil terbaik tahun ini, tiga besar nominasinya adalah Audi Q5, Jaguar F-Pace dan Volkswagen Tiguan.

Kemudian kategori World Luxury Car of the Year 2017 atau penghargaan khusus mobil mewah tiga besar nominasinya jatuh kepada BMW 5 Series, Mercedes-Benz E-Class dan Volvo S90/V90.

Sedangkan kategori World Performance Car of the Year 2017 atau mobil dengan performa terbaik, slot nominasi terakhirnya dipegang oleh Audi R8 Spyder, McLaren 570S dan Porsche 718 Boxster dan Cayman.

Sebagaimana disitat dari Car Advice, kendati pabrikan mobil Eropa sangat concern pada isu-isu lingkungan, namun nominasi tiga besar untuk World Green Car of the Year 2017 justru diisi oleh produsen non Eropa. Satu slot nominasi diisi Jepang dengan Toyota Prius, dan dua slot lagi ditempati produsen mobil Amerika Serikat yakni Chevrolet Bolt dan Tesla Model X.

Jepang juga berhasil mengirimkan satu wakilnya di nominasi tiga besar untuk meraih predikat World Urban Car of the Year 2017 atau penghargaan untuk mobil perkotaan dengan mobil Suzuki Ignis. Sedangkan dua nominasi lagi diisi produsen Eropa yakni BMW i3 dan Citroen C3.

Di kategori terakhir yaitu World Car Design of the Year 2017 atau anugerah mobil berdesain terbaik, Jepang juga punya satu wakil yakni Toyota C-HR untuk bersaing ketat dengan dua wakil Eropa yakni Jaguar F-Pace dan Mercedes-Benz S-Class

Pengumuman dan penyerahan hadiah untuk pemenang dari masing-masing kategori ini akan dilakukan pada perhelatan New York Motor Show 2017 yang berlangsung bulan April mendatang.