POPULAR STORIES

Profil - All New Daihatsu Terios

Profil - All New Daihatsu Terios All New Daihatsu Terios (Deni/KO)

KabarOto.com - Daihatsu Terios telah malang melintang di industri otomotif Tanah Air. Sport utility vehicle (SUV) andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini telah menjadi salah satu mobil pilihan masyarakat di Indonesia selama kurun waktu 13 tahun terakhir, pasca peluncuran perdana di tahun 2006.

Meski ditengah semakin ketatnya persaingan di segmen SUV di pasar domestik, namun nyatanya Daihatsu Terios masih mampu bersaing, dengan menghadirkan generasi teranyar di akhir tahun 2017 dan mulai dipasarkan di awal tahun 2018 lalu.

All New Daihatsu Terios sendiri kini ditawarkan dalam empat varian yakni All New Daihatsu Terios X, All New Daihatsu Terios X Deluxe, All New Daihatsu Terios R, dan All New Daihatsu Terios R Deluxe. Dengan dua pilihan transmisi 4-Percepatan Otomatis atau 5-Percepatan Manual.

Baca juga:

Secara tampilan mobil ini kini tampil lebih 'kekinian' dan berbekal sejumlah fitur modern yang telah disematkan. Selain itu, All New Daihatsu Terios pun telah mengusung baru yakni mesin 2NR-VE, 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Avanza.

All New Daihatsu Terios

Eksterior

Sisi paling berubah dari All New Daihatsu Terios terjadi pada sisi eksteriornya. Terlebih SUV ini tidak lagi dilengkapi dengan Konde' atau ban serep di bagian belakang. Untuk ban serep kini tersedia di kolong bagian belakang. Dengan begitu setidaknya lebih memudahkan pengemudi ketika parkir mundur.

Secara tampilan All New Daihatsu Terios memiliki tampilan yang lebih modern dan juga sporty, melalui kehadiran sejumlah fitur seperti lampu LED String Taillight, Moulding LED string taillight dan side body yang menunjang kesan elegan kian memancar. Sejumlah fitur itu sebagian besar tersedia di varian teratas atau R Deluxe.

Ubahan lain pun terdapat pada ground clearance yang kini 220 mm, lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang hanya 200 mm.

Kesan SUV yang tangguh pun diaplikasikan melalui penggunaan bumper, gril dan headlight berbentuk 'V' untuk memancarkan kesan modern. Pada bagian samping terdapat side skirt yang membuat jarak bodi ke tanah terlihat lebih pendek. Bagian samping pun dikawinkan dengan lis hitam yang menunjang kesan tangguh.

Tidak sampai disitu saja, pada bagian belakang terlihat moncong knalpot yang terlihat tersembunyi di balik bumper, gaya lampu belakang kombinasi horizontal, sisi positif yang anggap sangat keren ada pada spoiler atap yang dibuat melebar menyambung ke samping kanan kiri jendela belakang, sehingga membuat jendela belakangnya seakan dipayungi.

All New Daihatsu Terios

Interior

Masuk ke dalam kabin, All New Terios kini memiliki tampilan yang lebih mewah, praktis dan juga menawarkan kelegaan lebih bagi penumpang berkat panjang eksterior yang kini bertambah. Bertambahnya panjang eksterior berdampak kepada meningkatnya volume kargo.

Mobil ini memiliki desain dasbor yang terlihat minimalis dengan desain stylish, berkat perpaduan warna panel hitam dan putih berbahan soft touch di seluruh bagian dasbor untuk varian teratas.

Selain itu, All New Terios pun telah dilengkapi dengan beragam fitur baru mulai dari pengontrol AC digital, head unit dengan layar sentuh 7 inci dengan fungsi Bluetooth, iPod support, USB dan kamera 360 derajat.

Guna menunjang kenyamanan ketika berkendara, mobil ini telah dilengkapi dengan tombol pengaturan audio di lingkar kemudi. Serta kini telah didukung dengan fitur Tilt Steering, namun belum dilengkapi fitur teleskopik.

Pun begitu, rasanya terobati berkat adanya start/stop engine button yang mempermudah menyalakan mesin serta menambah kesan modern. All New Terios memiliki kekedapan ruang kabin yang patut diacungi jempol, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

All New Daihatsu Terios

Mesin

Berdasarkan hasil pengujian KabarOto di artikel sebelumnya. All New Terios terasa lincah, dan pengendaliannya pun terasa mudah. Pembenahan suspensi dan penambahan stabilizer di belakang berhasil meningkatkan kenyamanan.

Performa mesin yang juga digunakan Toyota Avanza yakni 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i tersebut mampu menghasilkan tenaga 103 dk dan torsi 136 Nm ini terbilang menyajikan performa yang cukup. Dengan teknologi Dual VVT-i, menggantikan VVT-i, ternyata mampu membuat konsumsi BBM (bahan bakar minyak) dari mobil ini jauh lebih baik.

Daihatsu Terios

Fitur

Nilai tambah pun hadir melalui beragam fitur keselamatan modern seperti ABS, EBD, VSC, Hill-Start Assist, serta hadirnya keyless entry, Auto On Headlight yang menjadi daya tarik untuk memikat konsumen.

Untuk All New Daihatsu Terios tipe R Deluxe telah disematkan rear-view camera dan front-view camera. Fitur ini sangat membantu pengemudi saat parkir mundur dan maju, karena kondisi bagian belakang dan depan mobil divisualkan pada layar sentuh dasbor secara real-time.

Data spesifikasi:

Mesin 2NR-VE, 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i
Tenaga 103 dk
Torsi 136 Nm
Transmisi 4-Percepatan Otomatis/5-Percepatan Manual
P x L x T 4.435 x 1.695 x 1.705 mm
Wheelbase 2.685 mm
Ground Clearance 220 mm
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut/Multi-Link
Fitur Dual Airbag, ABS, EBD, VSC, Hill-Start Assist, Keyless entry, Auto On Headlight, rear and front view camera, Side Impact Beam
Hiburan 2-Din 7 Inci dengan fungsi Bluetooth, iPod support, USB, dan menampilkan gambar dari kamera 360 derajat

Harga lengkap on the road Jakarta

All New Daihatsu Terios X M/T Rp 202,3 Juta
All New Daihatsu Terios X M/T Deluxe Rp 212,3 Juta
All New Daihatsu Terios X A/T Deluxe Rp 222,3 Juta
All New Daihatsu Terios R M/T Rp 235 Juta
All New Daihatsu Terios R A/T Rp 245 Juta
All New Daihatsu Terios R Deluxe M/T Rp 245 Juta
All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T Rp 255 Juta

POPULAR STORIES