Profil - All New Mazda CX-9

Profil - All New Mazda CX-9 All New Mazda CX-9 (Foto: Dimas Satrio/Kabaroto)

KabarOto.com - Sembilan tahun sejak model pertama datang ke Indonesia pada 2009 lalu, Mazda CX-9 akhirnya mendapat pembaruan total. Bukan hanya dari sisi tampilan, SUV yang datang utuh dari Jepang alias CBU (Completely Built Up) ini juga dipersenjatai dapur pacu dan fitur-fitur canggih lainnya.

Bobot All New CX-9 ini dklaim jauh lebih ringan dari CX-9 lawas, berkat mesin dan transmisi yang sudah mengimplementasi teknologi Skyactiv.

Dari sisi dimensi, CX-9 terbaru ini punya panjang 5.075 mm, lebar 1.969 mm dan tinggi 1.747 mm dengan jarak antara roda depan sebesar 2.930 mm.

Dibanding sebelumnya, tampilan eksterior generasi kedua Cx-9 ini mendapat sentuhan baru. Tampak pada bagian depan mobil terpasang gril dengan aksen krom, plus emblem khas logo Mazda di tengahnya.

Untuk menambah kesan mobil premium, pada lampu utama disematkan juga Daytime Running Lamp (DRL) dan signature lamp. Tak ketinggalan dengan fog lamp yang ikut mengadopsi jenis LED.

Sebagai perwujudan mobil premium, CX-9 memiliki fitur electric sunroof dan power liftgate untuk pintu belakang. Sehingga tidak perlu effort berlebih untuk membuka dan menutupnya, terutama bagi kaum hawa.

Lampu belakang LED menggunakan tema desain yang sama dengan lampu depan, diletakan secara horizontal sehingga memberikan aksen yang kuat generasi terbaru Mazda CX-9.

Pada bagian kabin, Mazda menyebut kalau desainnya dirancang oleh para ahli mereka, dikombinasi material unggul seperti kayu rosewood, yang juga digunakan pada beberapa alat musik dunia, kulit asli yang lembut saat disentuh, serta trim interior aluminium yang menunjukkan penampilan modern.

Jok baris kedua memberikan jarak yang lebar untuk akses ke tempat duduk baris ketiga yang lebih mudah.

Seluruh ruang penyimpanan, bahkan termasuk ruang untuk menaruh botol minuman yang terdapat di ketiga deretan kursi diletakan dengan cemat. Sayangnya, kursi baris ketiga terasa kurang luas untuk penumpang dewasa.

Fitur:

Beberapa fitur kenyamanan dalam mobil ini di antaranya head unit MZD Connect, yang bisa terhubung dengan telepon seluler pintar, dilengkapi sistem navigasi dan hiburan audio visual. Kabinnya dilengkapi sistem tata suara 12 speaker dari Bose, termasuk subwoofer dan amplifier digital 294 watt.

Bicara soal fitur keamanan, All New Mazda CX-9 telah dirancang untuk memaksimalkan keselamatan setiap penumpang di dalamnya dengan teknologi i-Activesense; merupakan sistem keselamatan aktif yang berperan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan mengurangi cedera fatal bila insiden tak bisa dihindari..

Fitur-fitur keamanan tersebut di antaranya Adaptive LED Headlamps (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDW), dan Lane Keeping Assist System (LKAS).

Ada juga Smart City Brake Support, Driver Attention Alert, Dynamic Stability Control & Traction Control System, serta Antilock Brake System.

Senjata baru dari All New Mazda CX-9 ini adalah dapur pacunya yang menggunakan mesin 2.5T Tipe DOHC 16 valve Turbocharged, yang berteknologi Skyactiv-G, dengan kapasitas silinder sebesar 2.488 cc.

Dibekali transmisi otomatis 6 percepatan, mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 228 dk pada 5.000 rpm, torsi 420 Nm pada 2.000 rpm.

CX-9 diklaim bisa melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam tempo 8,2 detik dan mampu mencatatkan top speed sampai 210 km/jam.

Harga:

All New Mazda CX-9 - Rp 798.800.000,-

Tipe CX-9
Mesin
Tipe Mesin Skyactiv 2.5 Turbocharger, In-line 4 silinder, DOHC, 16 valves
Diameter x Langkah 89.0 x 100.0 mm
Isi Silinder 2.488 cc
Perbandingan Kompresi 10,5:1
Tenaga Maksimum (dk/rpm) dan (Nm/rpm) 231/5.000 rpm dan 420/2.000 rpm
Suplai Bahan Bakar Electronic controlled Fuel Injection
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 5,075 x 1,969 x 1,747 mm
Jarak Sumbu Roda 2,930 mm
Ground Clearance (muatan/tanpa muatan) 220/222 mm
Kapasitas Tangki 72 Liter
Kaki-Kaki
Rem Depan Ventilated discs
Rem Belakang Solid discs
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-Link
Ban 255/50R20
Roda Alloy Wheel 20″
Fitur
Keselamatan Adaptive LED Headlights
Blind Spot Monitoring
Rear Cross-Traffic Alert
Lane-Departure Warning System
Lane-Keeping Assist System
Smart City Brake Support
Pedestrian Brake (F)
Driver Attention Alert
Antilock Brake System
Electronic Brakeforce Distribution
Brake Assist
Dynamic Stability Control
Traction Control System
Hill Launch Assist
Emergency Stop Signal
G-Vectoring Control
Front and Rear parking sensors
Rear view parking camera
Dual front, Curtain & side Airbags
ISOFIX child-seat anchors
Side-impact door beams
High-mount stop lamp
Keamanan Power door lock
Auto door lock (One touch release from driver)
Immobilizer
Burglar Alarm
Kenyamanan AM/FM radio
Center Display 8-inch
Navigation system
Bluetooth hands-free system
AUX Jack
USB Port
Commander Control
Active Driving Display Windscreen
Front (dual zone) AC
Bose Sound System-12 speakers