Profil All New Subaru BRZ, Kelanjutan Generasi Sport Car Tulen

Profil All New Subaru BRZ, Kelanjutan Generasi Sport Car Tulen Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Subaru baru saja secara resmi menghadirkan line up sport car tulen mereka yakni All New Subaru BRZ di GIIAS 2022. Mobil sport ini hadir sebagai penerus dari BRZ sebelumnya, dengan sentuhan eksterior, interior bahkan tenaga lebih besar.

Masih mengusung gaya agresif, dengan lekukan bodi lebih tajam. Dipadukan desain head lamp background hitam baru berikut teknologi DRL LED, dan projektor sebagai lampu utama. Lalu bumper pun dibuat fungsional mulai dari lubang airdam yang mensuplai angin lebih ke arah radiator, model lips depan dinamis, serta cover fog lamp dibuat ventilasi sungguhan, dan tembus ke fender samping.

Baca juga: Mulai Rp449 Jutaan, Subaru Luncurkan XV Dan BRZ Anyar Di GIIAS 2022

Dari samping terlihat tarikan garis yang memaksimalkan aerodinamisnya, dipadukan pelek multi palang, di mana desainnya diklaim bisa mendinginkan sistem rem lebih cepat. Ukuran 18 inci finishing abu-abu gelap, berbalut ban performa Michelin Pilot Sport 4 ukuran 215/40 R18.

Beralih ke belakang, terdapat detil semacam sirip di fender belakangm lalu lekukan bagsinya pun membentuk seperti ducktail walau tanpa tambahan spoiler. Stoplamp sudah menggunakan LED, berikut model diffuser, serta finishing dual muffler besar.

Soal mesin, BRZ baru dibekali mesin berkapasitas lebih besar berkode D-4S Boxer dengan kapasitas 2.400 cc. Tenaganya pun meningkat dari sebelumnya, sekitar 237 dk pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 3.700 Nm. Dengan pilihan transmisi manual enam percepatan close ratio, dan otomotis direct control 6 percepatan.

Mengintip ke bagian kabinnya, terlihat adanya balutan bahan kukit dikombinasi suede, berikut jahitan warna merah. Lalu terdapat bucket seat yang memberikan posisi duduk dinamis, dan aksesori seperti pedal alumunium menambah kesan sporty.

Selain itu BRZ telah dibekali dasbor layar digital ukuran tujuh inci, dengan bagian tengahnya menunjukkan spidometer digital. Lalu di sebelah kiri ada layar kecil penampilkan G-Force meter, power display, lap timer, battery dan temperatur meter, dan trip meter. Sementara jika diubah ke Track Mode, maka tampilan bakal berubah agar pengemudi fokus ke jalan.

Fasilitas hiburan juga tidak kalah penting oleh karenanya disematkan layar delapan inci di tengah yang terkoneksi dengan Apple Carplay dan Android Auto. Serta konektivitas Bluetooth, streaming audio dan kamera mundur juga dapat diakses di sini.

Baca juga: Toyota GR Supra Di GIIAS 2022, Lengkapi Jajaran Model GR Sport

Tidak sampai di sana, kini suara knalpot bisa lebih terdengar jelas tanpa mengganti knalpot yanh membuat polusi. Karena sistem suara knalpot mengalihkan bunyinya kr speaker pada rpm tertentu, sehingga memberi kesan sporty ketika berkendara.

Subaru Global Platform juga memberikan desain sasis lebih rigid dan penguat di beberapa titik. Klaimnya kekakuan sasis lebih besar sekitar 60% dari sebelumnya. Dikombonasi Ultra Low Center Of Gravity, tentunya membuat BRZ lebih sigap dan asyik diajak bermanuver.

Soal harga, All New Subaru BRZ dibanderol sekitar Rp 825 jutaan transmisi manual, dan Rp 850 jutaan bagi transmisi otomatis. PT Plaza Auto Mega juga menawarkan garansi selama tiga tahun atau 100.000 km, servis gratis tiga tahun atau 50.000 km (tergantung mana yang dicapai lebih dulu), dan Subaru Roadside Assistance selama toga tahun dan layanan bantuan darurat 24/7 dari Atlas Indonesia.