Profil - Daihatsu Sigra

Profil - Daihatsu Sigra Daihatsu Sigra (Deni/KO)

KabarOto.com - Meski terbilang sebagai pendatang baru di industri otomotif Tanah Air, namun Daihatsu Sigra nyatanya mampu menjadi salah satu tulang punggung bagi penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia.

Hal tersebut beralasan, mengingat mobil ini bermain di segmen low cost green car (LCGC). Banderol yang cenderung terjangkau, dan setidaknya mampu menjawab kebutuhan untuk sebuah mobil keluarga di Indonesia jadi daya tariknya.

Daihatsu Sigra dirancang menggunakan platform Daihatsu UFC-3 Concept yang diperkenalkan sejak tahun 2014 lalu. Daihatsu Sigra ditawarkan dalam 10 tipe dari 6 varian utama: D, M, X, X Deluxe, R dan R Deluxe.

Varian D dan M mengusung mesin 3-silinder 1KR-VE 998cc dan hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan. Pada varian X dan R dibekali mesin 4-silinder 3NR-VE 1.197cc, selain transmisi manual juga ada opsi otomatis 4-percepatan.

Setiap tipe yang dijajakan memiliki fitur yang berbeda-beda. Untuk tipe D sebagai varian terendah hanya disematkan fitur yang minim, sementara untuk tipe R Deluxe yang merupakan varian tertinggi memiliki fitur yang nyaris berimbang dengan Daihatsu Xenia tipe R Deluxe.

Baca juga: Profil - All New Daihatsu Terios

Daihatsu Sigra Tipe R

Seluruh varian yang ditawarkan itu dibanderol dengan harga yang sangat bervariasi, mulai dari Rp 114 juta hingga yang termahal Rp 154,75 juta.

Untuk menentukan tipe mana yang nantinya akan dipinang pun cukup berat menurut redaksi KabarOto. Pasalnya calon konsumen Daihatsu Sigra harus tahu betul mengenai fitur apa saja yang menjadi kebutuhan, lalu disesuaikan dengan dana yang ada.

Berikut ini KabarOto ingin membeberkan secara rinci setiap fitur yang ada di Daihatsu Sigra:

Varian D

  • Eksterior

Untuk varian terbawah ini menyuguhkan gril dan bumper sewarna bodi, terlihat memang tak terlalu istimewa. Untuk varian ini dilengkapi dengan pelek baja berukuran 13 inci, body color outside handle with grip type, spion luar warna hitam, antena di atap, garnish belakang sewarna bodi, front air diffuser, dan front stabilizer.

  • Interior

Meski harga yang cenderung murah, namun pada bagian dasbor memiliki kelir warna 2-tone. Tuas transmisi pada dasbor, material color inside door handle, split front seat with unified head rest, molded door trim, molded head lining, pelipatan jok baris kedua 60:40, sun visor, standard parking brake, upper air ventilator, garnish pada pilar, door pocket, front shopping hook, rear quarter trim pocket, assist grip, front room lamp, serta jok material fabric.

  • Fitur

Bicara fitur, Daihatsu Sigra telah dilengkapi dengan sistem hiburan dengan headunit 1-DIN (USB, AUX, radio), dua speaker di depan, single AC, electronic power steering (EPS), jok baris pertama dan kedua reclining dan sliding, 1 touch tumble pada jok baris kedua, front power socket, power window untuk pengemudi auto down, lampu peringatan rem parkir, auto light off, intermitten wiper, pengingat pintu terbuka khusus pintu pengemudi.

Selain itu, untuk menunjang kenyamanan, Daihatsu Sigra tipe D sudah dilengkapi dengan side impact beam, sabuk pengaman untuk ketujuh penumpang, child proof door lock, head rest pada jok baris kedua.

Baca juga: Astra Daihatsu Motor Ajak Mudik Komunitas Pengguna Mobil Merek Daihatsu

Interior Daihatsu Sigra tipe R
Interior Daihatsu Sigra tipe R

Varian M

Naik setingkat di atas varian D ada varian M, yang memiliki seluruh fitur yang tersedia di varian D. Namun sebagai pembeda, untuk sisi eksteriornya telah dilengkapi dengan spion sewarna bodi, wiper di kaca belakang, sonar belakang, pelek baja 14 ini plus dop.

Selain itu, pada sisi interiornya dilengkapi dengan front bench – like seat, kantung penyimpanan pada jok penumpang, desain baru rem parkir, speedometer dengan ornamen perak, lampu ruang belakang.

Untuk sektor hiburan, Daihatsu Sigra tipe M dilengkapi dengan headunit 1DIN (CD, MP3, AUX, USB, radio), dua speaker belakang, indikator ECO, multi information display (MID), tachometer, arm rest di antara jok baris pertama, jam digital di speedometer, power socket di ruang baris kedua, rear air circulator, central door lock, pengingat pintu terbuka pada semua pintu, door courtesy switch, wiper belakang otomatis.

Pada sisi keamanannya telah dilengkapi dengan immobilizer, alarm plus keyless entry.

Varian X

Pada Varian X ini telah dilengkapi dengan seluruh fitur yang telah tersedia di varian M. Bedanya adalah untuk tipe ini, pada sisi eksteriornya telah dilengkapi dengan side visor, rear combi lamp with smoked lamp.

Sementara untuk sisi interiornya, sudah menggunakan headunit 2DIN (CD, MP3, AUX, USB, Bluetooth, radio).

Beragam fitur lainnya yang telah tersedia antara lain Dual SRS Airbag dan sabuk pengaman depan dengan pretensioner dan force limiter. Khusus transmisi otomatis tersedia, antilock braking system (ABS) dan shift lock.

Daihatsu Sigra tipe R
Daihatsu Sigra tipe R

Varian X Deluxe

Varian X Deluxe telah dilengkapi dengan seluruh fitur yang telah tersedia di varian X. Pembedanya adalah pada si eksterior terdapat bingkai gril, list krom jendela, bingkai krom lampu kabut, garnish krom di pintu belakang, dan telah menggunakan pelek alloy.

Varian R

Untuk varian ini telah disematkan semua fitur pada varian X, namun ada sejumlah penambahan seperti pada sisi eksterior seperti gril krom, spion luar terintegrasi sein, pengaturan arah otomatis spion luar, lampu kabut dengan bingkai krom, pilar berwarna hitam, pelek 14 inci alloy, garnish lens pintu belakang, stabilizer belakang.

Tidak sampai disitu saja, pada sisi interior pun turut mendapatkan upgrade seperti cluster tengah warna perak, AC register ring ornament, AC register center knob Chrome, tombol power window dengan bingkai krom, tuas pembuka pintu di kabin krom, tuas rem parkir krom, tuas transmsi ornamen krom, kemudi dengan bingkai krom.

Untuk menunjang kenyamanan, pada varian ini telah tersedia varity mirror di bagian jok depan Keamanan: jok baris kedua dengan head rest.

Baca juga: Daihatsu Buka Posko Dan Bengkel Siaga Di 9 Titik Trans Jawa Dan Bali

Varian R Deluxe

Pada varian tertinggi dari Daihatsu Sigra telah dilengkapi dengan semua fitur pada varian R, dengan tambahan sejumlah fitur. Pada sisi eksterior tersedia list kaca krom, list krom bodi samping, garnish krom pintu belakang, muffler cutter, front sensor corner.

Harga lengkap Daihatsu Sigra:

Daihatsu Sigra 1.0 D M/T Rp 114 juta
Daihatsu Sigra 1.0 M M/T Rp 122,9 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X M/T Rp 132,25 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T Rp 137,75 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R M/T Rp 138,15 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe M/T Rp 141,95 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X A/T Rp 145,05 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T Rp 150,55 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R A/T Rp 150,95 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe A/T Rp 154,75 juta