POPULAR STORIES

Profil - Honda Mobilio Tipe E 2018

Profil - Honda Mobilio Tipe E 2018 Pada dasarnya, Mobilio tipe RS adalah Mobilio tipe E namun dikemas dengan fitur-fitur berbeda dan penambahan aksesoris (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Tak seperti saudaranya yakni Honda Mobilio RS, Low MPV Honda bertipe E ini tak mengenakan aero kit di bumper dan spoiler.

Sehingga secara visual, mobil ini lebih terlihat elegan ketimbang tipe RS yang lebih menguatkan statusnya ke aksen yang sporty. Soal estetika eksterior kembali ke pilihan masing-masing Sobat KabarOto, yang jelas terdapat perbedaan di kedua tipe yang akan kami jabarkan di bawah.

Pada dasarnya, Mobilio tipe RS adalah Mobilio tipe E namun dikemas dengan fitur-fitur berbeda dan penambahan aksesori, yang membuatnya nampak lebih sporty jika dibandingkan tipe E yang lebih elegan.

Pada bagian depan, Mobilio tipe E menggunakan gril beraksen chrome, dimana tipe RS memakai gril warna hitam.

Di sisi lain, bumper Mobilio RS justru dilengkapi dengan list aksen chrome pada bagian bawah fog lamp, sedangkan tipe E pada bagian tersebut hanya berkelir hitam.

Sementara untuk pelek New Mobilio, tipe RS dan E sama-sama menggunakan pelek berdiameter 15 inci. Namun, pada tipe RS, bentuk spoke pelek alloy menyerupai bilah kipas, dan menggunakan two tone color tidak seperti tipe E yang hanya punya finishing polish grey.

Selain warna jok, dasbor tipe E dan RS juga memiliki perbedaan. Dasbor tipe E mengusung kombinasi warna ivory dan hitam di beberapa sisi, semenara tipe RS justru hanya menggunakan warna hitam.

Fitur

Fitur-fitur unggulan pada Mobilio generasi lawas tetap dipertahankan Honda, seperti Advanced 6.2" Touchscreen A/V System, Rear Parking Camera, Digital AC, Power Door Mirror, Auto Door Lock by Speed, dan Auto Up & Down Power Window pada driver seat.

Baca Juga: Profil Honda Mobilio RS 2018

Berbeda dengan tipe E, sebagai varian tertinggi, tipe RS dihadirkan dengan fitur tambahan, yaitu Advanced 6.8” Touchscreen A/V System, Power Retractable Door Mirror, New Auto A/C, dan 6 premium speakers.

Urusan keselamatan, Honda tak kenal kompromi. Terbukti, kedua tipe telah dilengkapi SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Struktur Rangka Sasis G-Con+ACE™ dengan Side Impact Beam yang berfungsi untuk mereduksi benturan dari samping pada mobil ini.

Bahkan, pada tipe RS, terdapat fitur keselamatan tambahan, berupa, Vehicle Stability Asist (VSA), dan Hill Start Asist (HSA).

Masalah suspensi, mobil ini menggunakan MacPherson Strut dan Coil Spring Stabilizer di bagian depannya dengan Torsion Beam Axle dengan Coil Spring untuk belakangnya.

Sektor dapur pacu di kedua mobil tersebut tak dibedakan, mobil ini masih menggunakan tipe mesin Chain Drive SOHC, I-VTEC, 4 silinder dengan 16 katup. Punya kapasitas silinder sebesar 1.497 cc.

Dengan kapasitas tersebut, mesin ini mampu mencapai daya maksimum sebesar 118 dk pada 6.600 Rrpm dan daya torsi 145 Nm di putaran mesin 4.600 Rpm.

Mesin ini dibekali pilihan transmisi 5 tingkat percepatan manual dan Earth Dreams Technology CVT.

Harga

New Honda Mobilio E M/T, Rp 213.500.000 (harga on the road per Juni 2018)

New Honda Mobilio E CVT, Rp 224.500.000 (harga on the road per Juni 2018)

Tipe Tipe E
Mesin
Tipe Mesin 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Diameter x Langkah 73,0 x 89,4 mm
Isi Silinder 1.496 cc
Perbandingan Kompresi 10,3 : 1
Daya Maksimum 88(118) Kw(PS) / 6.600rpm
Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 4.386 x 1.683 x 1.603 mm
Jarak Sumbu Roda 2.650 mm
Jarak Pijak Depan / Belakang 1.472 / 1.475 mm
Kapasitas Tangki 42 L
Kaki-kaki
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Ban 185 / 65 R15
Roda Alloy Wheel 15″
Fitur
Keselamatan Side Impact Beam
Pedestrian Protection
Dual Front SRS Airbags
Pretensioner w/ Load Limiter Seatbelt
ISOFIX & Tether
Parking Sensor Camera
Seatbelt 3P ELR (x2)
Seatbelt 3P ELR (x2) + 2P MAN x1
Keamanan Key Type Wave Key
Keyless Entry
Immobilizer
Alarm System
Kenyamanan 6.2″ Monitor Audio, AM/FM Radio,
CD & DVD Player, Aux-in, USB
Port, Made for iPod/iPhone
2nd & 3rd Seat Fold & Tumble
AC Double Blower
Second Row Sliding Seat