POPULAR STORIES

Profil Suzuki Avenis 125

Profil Suzuki Avenis 125 Suzuki Avenis 125 desainnya menarik dan modern (Foto-foto: KabarOto)

KabarOto.com – Suzuki Avenis 125 diperkenalkan pertama kali oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat Indonesia Motor Show (IMOS) yang berlangsung akhir tahun 2022 lalu.

Secara tampilan, skutik yang merupakan produk global yang sudah hadir di India, Filipina, dan Eropa, memiliki desain yang kompak namun bagian belakang agak besar, dipadukan lampu utama yang posisinya berada di bawah setang motor.

Lampu depan tadi, sudah mengadopsi teknologi LED dengan multi reflektor yang dianggap pihak pabrikan dapat memberikan penerangan yang jelas. Sayangnya, lampu sein masih mengandalkan model bohlam biasa dan terletak di batok atas.

Baca juga: Suzuki V-Storm 800DE Meluncur Di EICMA 2022

Dibalut dengan dua warna semakin menarik, bentuknya melancip ke belakang, terlihat modern

Lampu belakang, berdesain unik seperti memiliki dua bagian, dibuat terpisah. Sedangkan untuk lampu sein ada di bawahnya, menempel pada sepatbor belakang.

Area pijakan kaki pengendara cukup besar layaknya motor skutik pada umumnya. Pijakan kaki penumpang belakang terbuat dari besi yang dapat dilipat jika tidak digunakan. Menariknya, joknya berdesain melebar di bagian depan dengan busa yang agak besar, hal ini untuk memberikan rasa nyaman kepada pengendara saat mendudukinya.

Seluruh panel instrumen sudah digital, dengan menampilkan beberapa informasi seperti indikator berkendara ECO, temperatur mesin, voltase baterai, penunjuk waktu (jam), petunjuk kapasitas bahan bakar, indikator pergantian oli mesin, konsumsi bahan bakar, dan petunjuk jarak tempuh.

Spidometer model digital

Suspensi depan mengandalkan model teleskopik, sementara belakang mengadopsi sokbreker tunggal. Pelek model multipalang berukuran 12 dengan ban 90/100R12, uniknya pelek belakang lebih kecil, yaitu 10 inci dengan ban ukuran 90/90R10.

Sistem pengereman, menggunakan cakram berkaliper 2 piston dan belakang masih mengandalkan rem tromol. Sistem pengereman dibekali fitur Integrated Combined Braking System (ICBS), rem belakang dan depan terintegrasi saat menarik handle rem belakang, secara otomatis handle rem depan akan ikut mengerem.

Suzuki Avenis 125 memiliki panjang 1.895 mm, lebar 710 mm, tinggi 1.175 mm dan ground clearance 160 mm. Untuk bagasi berukuran 21,8 liter, klaimnya cukup lega bisa untuk menampung barang bawaan ukuran medium seperti belanjaan dari mini market.

Terdapat dua buah lampu rem kanan dan kiri, dengan lampu sein menempel di bodi belakang

Di bawah setang bagian kanan terdapat ruang penyimpanan, bisa membawa air mineral berukuran 600 ml. Untuk melakukan pengecasan handphone, tersedia USB charger di bagian kiri.

Slot pengisian bahan bakar ada di belakang jok, sehingga terlihat dan mudah saat akan mengisi. Cara membukanya dengan memutar kunci yang ada di samping belakang bodi kiri, seperti sepeda motor pada umumnya yang fungsinya membuka bagasi. Oh iya, kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 5,2 liter.

Suzuki Avenis juga dibekali sistem pengunci rem, ada di belakang handle rem sebelah kiri, jadi roda akan terkunci saat berhenti di jalan menurun atau parkir.

Baca juga: Profil Motor Adventure Suzuki V-Storm SX 250

Bagasi cukup lega, kapasitas sebesar 21,8 liter

Jantung pacunya mengandalkan mesin 4 langkah, 1 silinder, SOHC, berpendingin udara dengan kapasitas 124 cc, dan sudah menggendong teknologi Suzuki Eco Performance (SEP). Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 8,5 dk pada 6.750 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm.

Untuk pasar Indonesia, motor ini hadir dalam 3 pilihan warna, dual tone yakni Pearl Mirage White/Metallic Mat Fibroin Gray, Metallic Matte Fibroin Grey Lush Green, kemudian untuk warna solid hanya Metallic Matte Black. Motor ini dibanderol sekitar Rp 29,9 jutaan yang merupakan harga on the road untuk wilayah Jabodetabek.