Profil - Volkswagen Polo 1.2 VRS

Profil - Volkswagen Polo 1.2 VRS

KabarOto.com – City car ini merupakan salah satu mobil paling kencang dikelasnya, mesin kecil dengan tenaga besar jadi salah satu kelebihan yang dibawanya sejak lahir. Varian paling bontot dari semua line up Volkswagen, yaitu Polo VRS.

Sebenarnya, Polo VRS ini berbasis dari tipe 1.2 TSI biasa yang disetting ulang mesinnya, dan ditambahkan body kit untuk pembeda dari versi biasanya.

Eksterior

Berbeda dengan rival sekelasnya dari Jepang, Polo lebih mengusung bodi mengotak tanpa banyak lekukan ekstrem. Mulai dari pemakaian gril horizontal beraksen krom dengan logo VW bagian tengah, memberikan sentuhan khas Eropa yang tidaK suka dengan bentuk-bentuk aneh. Uniknya garis krom pada gril terus menyatu ke garnis headlampnya, yang sudah diwarnai hitam namun masih mengusung halogen biasa.

Bagian depan khas Eropa dengan garis tegas tanpa lekukan ekstrem.

Desain tersebut turut diaplikasikan pada bagian airdam bawah yang senada dengan bumper, ditambah penggunaan foglamp demi membantu sistem penerangannya. Lalu untuk menegaskan bahwa ini versi tertinggi, dipasangkan lips winglet demi menambah kesan sporty.

Baca juga : Mitsubishi Xpander Modifikasi Ini Jadi Mobil Harian Pereli Rifat Sungkar, Intip Yuk!

Dari sisi samping, tarikan bodi mobil kecil ini dibuat tegas senada dengan depan. Lalu ada penambahan cover spion doff yang juga diberikan oleh VW saat pembelian, dan bagian side skirt tidak menggunakan model full memanjang, melaiNkan model terpisah yang hanya ada pada sisi ujung fender depan dan belakang. Sebagai pemanis adapula sticker VRS seperti khas mobil Toyota TRD Sportivo.

Logo VRS demi menegaskan tipe ini adalah yang tertinggi.

Pelek menggunakan ukuran 16 inci, dengan model palang, yang unik ialah Polo sudah mengadopsi lubang baut 5 karena biasanya mobil sekelas ini hanya menggunakan baut 4 saja. Ban memakai ukuran 215/45 R16, sementara sistem pengereman didukung oleh rem cakram bagian depan, dan rem tromol belakang.

Desainnya sederhana namun masih terkesan dinamis.

Selain itu, sisi belakang juga mendapat aksesoris rear upper spoiler dengan warna hitam glossy, dan juga rear winglet terpisat dengan finishing hitam doff. Desain mengotak juga tertular sampai bagian lampu rem yang masih menggunakan halogen biasa, namun saat menyala akan terbentuk huruf “L” karena model mika buramnya.

Baca juga : Profil – Volkswagen Scirocco TSI 1.4 R Line

Sisanya, akses membuka pintu bagasi lewat logo VW dibelakang, serta ada penggunaan sensor parkir model flat 4 titik, high mount stoplamp, dan antena model short pole.

Mesin

Jantung mekanis dari Polo VRS masih menggunakan kapasitas 1.2 liter yang sama dengan varian biasa. Konfigurasi 4 silinder segaris, namun menghasilkan tenaga lebih besar 140 dk, dan 230 Nm. Berbeda jauh dengan varian standar 105 dk, dan 175 Nm. Untuk menyalurkan tenaga tersebut ke roda depan, VW menggunakan transmisi kopling ganda DSG 7 percepatan yang terkenal cepat saat mengganti gigi.

Interior

Masuk kedalam interiornya, kesan khas VW masih sangat kental terasa pada mobil ini, dominasi warna hitam berbahan plastik keras masih jadi bahan dasar utama. Lengkapnya dari sisi pintu pengemudi, sudah mengusung power window auto up and down pada keempat sisi jendelanya, spion electric retract, dan ada pengaturan window lock dan power door lock.

Desain khas mobil Eropa bagian dasbor juga sangat kental, mulai dari setir berbahan kulit model flat bottom, lengkap audio steering. Speedometer analog dengan MID layar monokrom mirip kepunyaan Scirocco, pengaturan lampu yang bisa diatur ketinggiannya, dan juga wiper intermittent. Pokoknya fitur standar mobil Eropa sudah ada di mobil ini sob!

Paket komplit tidak hanya sampai disitu, pada panel tengah terdapat headunit terintegrasi yang sudah layar monitor, lengkap dengan akses Android Auto dan Apple Carplay loh. Lalu AC mengusung pengaturan digital dan sudah ada fitur auto. Lengkap bukan fitur mobil termurah VW ini?

Soal kepraktisan, Polo memiliki ruang penyimpanan yang cukup banyak, mulai dari cup holder sisi pintu, 2 buah cup holder sisi tengah, laci penyimpanan depan, dan cup holder lagi untuk penumpang belakang. Oia, untuk penumpang belakang masih mendapatkan AC loh, dan duduk di row kedua mobil ini juga cukup lega. Apalagi untuk akses bagasi cukup praktis karena pelipatannya 60/40 sehingga penumpang masih bisa mendapatkan tempat duduk jika membawa barang besar di bagasi.

Lantas berapa biaya yang harus ditebus untuk memboyong mobil ini ke garasi anda? Pihak VW mengharuskan inden terlebih dahulu untuk memesan mobil ini, yang nantinya akan ready stock pada bulan Mei mendatang.

Berikut pricelist VW Polo:

POLO 1.2 TSI Rp 285.000.000,-

POLO VRS Rp 315.000.000,-

POLO VRS Jok kulit Rp 325.000.000,-