Profil – Volkswagen Tiguan 1.4 TSI

Profil – Volkswagen Tiguan 1.4 TSI

KabarOto.comVolkswagen Tiguan adalah nama dari SUV lansiran VW yang turut bersaing dengan rivalnya sekelas BMW X1, Mazda CX-5, Honda CR-V Turbo, dan sebagainya. Pasar medium SUV sendiri di Indonesia cukup ramai peminat, sebab bodinya yang kompak tidak terlalu besar dan kecil, serta praktis mampu melibas segala medan, dinilai pas bagi keluarga baru yang tidak terlalu membutuhkan mobil besar.

Mobil yang termasuk SUV mewah tersebut juga menawarkan berbagai fitur canggih yang mampu memanjakan pengemudi serta penumpang. Namun sebelum membahas fiturnya, kita bahas dulu eksteriornya yang gagah itu.

Eksterior

Seperti khas mobil eropa kebanyakan, desainer Tiguan membuat mobil ini dengan minim lekukan mengkurva dan ekstrem. Contoh, dibagian depan terdapat headlamp mengotak lengkap dengan projector dan DRL LED, lalu desain gril sangat sederhana bergaris horizontal dengan aksen krom.

Headlamp
Desain Headlamp mengotak dan lampu LED hingga bagian sein.

Begitu juga bumpernya, walau desainnya sudah modern namun kesan simpel masih terlihat dari lekukan foglamp, gril bawah, dan garnis cover demi mempercantik tampilannya. Oia, fiturnya juga sangat lengkap loh, misalnya saja headlamp washer, 6 buah sensor parkir yang membantu mobil ini bisa memarkir sendiri, dan ada kamera depan yang berfungsi sebagai kamera 360. Paket lengkap pokoknya sob!

Baca juga : Profil - Jeep Compass Longitude

Sisi samping desainnya cukup gagah, lekukan garis tegas ditarik dari fender depan yang terus menyatu hingga lampu belakang. Lalu bagian atap kita akan mendapatkan roofrail sebagai pemanis kesan SUV-nya, ditambah side body cover sehingga meminimalisi rusaknya cat sisi bodi samping ketika mobil off-road, atau terkena sesuatu di jalan. Tidak lupa juga kamera terdapat di bawah spion karena fitur 360-nya.

Pelek menggunakan baut anti maling.

Untuk pelek, mobil ini menggunakan ukuran 18 inci finishing dual tone. Yang unik kita akan mendapat anti theft protection khusus agar aman dari pencurian pelek. Berbalut ban Hankook Ventus S1 evo2 SUV ukuran 235/55 R18.

Geser ke belakang, senada dengan model depan desain mengotak tetap diusung, lengkap lagi diffuser dengan garnis krom yang menyatu ke sekeliling bodi. Sesuatu yang menarik perhatian justru pada penggunaan lampu remnya, karena saat menyala LED-nya akan membentuk seperti huruf “F” dengan motif seperi gigi tersusun. Sisanya, hanya ada spoiler kecil dengan high-mount stoplamp, dan antenna model shark fin.

Mesin

Mesin 1.4 TSI yang memiliki tenaga 150 dk.

Jantung mekanis dari Tiguan dipersenjatai dengan mesin yang cukup kecil, hanya berkapasitas 1.395 cc, konfigurasi 4 silinder yang sudah menggunakan teknologi turbo. Sehingga tenaganya bisa mencapai 150 dk, dan torsi maksimal hingga 250 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan, dengan bantuan transmisi 6 percepatan DSG yang sangat cepat dalam perpindahan gigi. Hasilnya, akselerasi dari diam hingga 100 kpj hanya butuh waktu sekitar 9.2 detik saja loh. dan juga mobil ini mampu digeber hingga kecepatan maksimal 202 kpj.

Interior

Masuk ke dalam kabin mobil ini, kita akan disambut oleh interior berawarna hitam yang berpadu dengan abu-abu. Material yang digunakan Tiguan juga premium, bahan kulit dan soft touch sudah turut membalut sekujur kabin mobil ini.

Jok berbahan kulit dengan pengaturan electric

Saat merasakan duduk di joknya, KabarOto merasa cukup nyaman tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. Pengaturannya juga mudah karena semua sudah electric dan terdapat fungsi memory seat. Sisi doortrim pengaturannya sangat lengkap seperti window lock, power door lock, pengaturan spion electric, dan semua kaca sudah auto up and down loh. Penggunaan setir yang bisa diatur tilt dan telescopic juga turut memudahkan mencari posisi nyetir yang pas. Tidak hanya itu, audio steering switch dan cruise control.

Dibalik setir terdapat tuas wiper intermittent dan sein, serta speedometer masih menggunakan jarum analog dan MID layar kecil dibagain tengah. Kelengkapan lain terdapat AC auto digital triple zone, keyless entry, headunit terintegrasi dengan fitur mirror link, sudah support Android Auto dan Apple Carplay, dan Electric parking brake.

Baca juga : Profil – Volkswagen Scirocco TSI 1.4 R Line

Fitur sudah lengkap, lalu bagaimana kepraktisannya? Tenang sob, Tiguan memiliki ruang penyimpanan yang banyak kok, cup holder dan door pocket ada setiap sisi pintunya, lalu ada tempat kacamata di bagian plafon, atas dasbor terdapat ruang penyimpanan kecil, dan depan sisi penumpang. Konsol tengah cukup untuk menaruh 2 buah botol.

Beralih ke row kedua, ternyata juga tidak kalah mewah loh, misalnya terdapat meja lipat dibelakang jok depan, lalu ada arm rest yang bisa difungsikan jadi cup holder. Lalu penumpang belakang tidak usah khawatir kepanasan, karena masih ada AC.

Terdapat meja kecil sisi belakang jok depan.

Untuk akses bagasi, bisa diakses dari kunci dan handle electric, colokan 12V juga tersedia jika dibutuhkan darurat, dan lampu penerangan bagasi otomatid menyala saat terbuka. Jika butuh bagasi lebih besar jok belakang bisa dilipat 60/40 serta pelipatannya bisa dilakukan lewat menarik tuas yang ada di ruang bagasi saja. untuk menutup juga mudah karena tinggal menekan tombol saja maka pintu akan tertutup otomatis.

Lalu berapa harga yang harus ditebus untuk sebuah Tiguan? Volkswagen mematok harga Rp 695 juta untuk Tiguan 1.4 TSI, ada pula versi VRS yang dilengkapi dengan body kit seperti versi Polo yang lebih sporty.