POPULAR STORIES

PT. SIS Perkenalkan IK-2 Concept Di GIIAS 2015

PT. SIS Perkenalkan iK-2 Concept Di GIIAS 2015 Penampakan Suzuki IK2 di GIIAS 2015 (foto: Handaru Pratomo/KabarOto)

Selain memperkenalkan New Ertiga dan Suzuki Ciaz yang menurut rencana akan mulai dijual pada bulan Desember mendatang, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM atau Agen Pemegang Merk mobil Suzuki dalam pameran di GIIAS ini juga memamerkan mobil konsep iK-2 dan menjelaskan kisah dibalik mobil konsep ini kepada awak media dalam siaran persnya kemarin.

Suzuki iK-2 sebagai sebuah konsep seperti menegaskan kepada konsumen Suzuki di Indonesia bahwa mobil ini adalah identitas Suzuki sebenarnya sebagai produsen mobil 'compact' (baca : kompak) yang dimulai sejak tahun 1955 saat memproduksi sedan mungil bermesin 360cc yang diberi nama Suzuki Suzulight pasca Perang Dunia 2. Dari sedan tersebut, maka Suzuki merancang iK-2 dengan menggabungkan beberapa elemen untuk menegaskan desain dan ukuran 'compact' tersebut. Beberapa elemen tersebut antara lain adalah tema desain "Liquid Flow" yang memberi bentuk melebar dan profil rendah serta imbuhan beberapa garis tajam yang ekspresif, serta penggunaan mesin 1.000cc turbo yang baru dengan nama 'BoosterJet'.

Tampilan buritan Suzuki IK2 di GIIAS 2015 (foto: Handaru Pratomo/ KabarOto)

 

Bila Anda menyangsikan besaran kapasitas mesin yang digunakan untuk sebuah hatchback dengan ukuran yang hampir mirip dengan Suzuki Swift ini jangan kuatir, Suzuki merancang iK-2 dengan teknologi baru yang diklaim dapat mengurangi bobot kendaraan secara signifikan sehingga mampu memberi performa mesin yang baik namun tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dalam hal pengurangan bobot total kendaraan, Suzuki meng-klaim bahwa iK-2 tetap memiliki struktur sasis yang kuat dan aman bagi pengemudi serta penumpangnya. Rancangan baru tersebut juga akan memberi respon pengendalian dan stabilitas mobil yang baik saat dikemudikan sekaligus.

Mengenai soal nama, Suzuki iK-2 atau juga dikenal sebagai Maruti YRA akan diperkenalkan sebagai New Baleno pada acara Frankfurt Motor Show 2015 pada bulan September mendatang. Dan mengenai pertanyaan apakah nama Baleno akan kembali dalam bentuk model produksi iK-2 di Indonesia? Donny Saputra selaku kepala bagian 4W Marketing Product Development PT. SIS menjawab "Belum tentu, karena kemungkinan besar iK-2 versi produksi tidak akan dipasarkan di Indonesia karena ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan oleh PT. SIS sebelum menjual produk ini di Indonesia".

Baca Juga: