POPULAR STORIES

PT Transjakarta Terjunkan 20 Medium Bus Rute Pasar Minggu-Tanah Abang

PT Transjakarta Terjunkan 20 Medium Bus Rute Pasar Minggu-Tanah Abang Medium bus Transjakarta. Foto: thejakartapost,com

PT Transjakarta meluncurkan trayek baru, yakni rute Pasar Minggu-Tanah Abang yang mulai beroperasi per Senin (20/3). Setidaknya ada 20 medium bus yang akan dioperasikan setiap harinya untuk melayani rute tersebut.

Humas Transjakarta, Wibowo mengatakan, alasan dibukanya rute yang sama dengan Metromini S640 itu karena pihaknya menemukan adanya kebutuhan pelanggan di rute itu serta permintaan langsung dari pelanggan.

"Kami mengenal pelanggan dari situ, dan kami mengetahui kebutuhan atau pun permintaan mereka sehingga Transjakarta memenuhi kebutuhan atau pun permintaan tersebut," ujar Wibowo, Senin (20/3).

Rute sepanjang 30 kilometer ini akan terkoneksi dengan koridor Transjakarta 1, 6, dan 9 dan terdapat 32titik pemberhentian. Setidaknya rute Tanah Abang-Pasar Minggu ada 31 lokasi yang disinggahi dalam melayani pelanggan.

Rute ini beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 23.00 WIB dengan beroperasi di jalur khusus Transjaksrta dan mixed dengan kendaraan lalu lintas lainnya. Diperkirakan pada tahap awal rute baru ini dapat melayani 5.000 pelanggan setiap harinya.

Adapun bus yang akan beroperasi di rute tersebut, dikatakan Wibowo merupakan bus baru yang sudah disiapkan untuk beroperasi di rute-rute baru. Terlebih tahun ini pihaknya juga akan menambah bus baru hingga 3.000 bus dan saat ini yang sudah ada sebanyak 1.500 bus baru.

"Kami memang sedia untuk bus yang beroperasi. Jadi Transjakarta memang memiliki bus baru untuk beroperasi," katanya.

Adapun para sopir yang akan mengemudi bus-bus rute tersebut merupakan sopir yang melamar kepada PT Transjakarta dengan mengikuti seleksi ketat. Sedangkan untuk para eks sopir Metromini , Transjakarta sudah memiliki program sendiri yang disiapkan untuk mereka yakni Mini Trans.

Kendati beririsan dengan rute Metromini S640, Wibowo mengatakan, pengoperasian rute tersebut atas seizin Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Dengan demikian, sosialisasi dan koordinasi kepada para pemilik Metromini tersebut sudah dilakukan.

Direktur Utama PT Metromini Nofrialdi mengaku tidak mendapat pemberitahuan tentang akan beroperasinya Transjakarta dengan rute Pasar Minggu- Tanah Abang tersebut.

Meskipun rute yang dilewati tidak beririsan sepenuhnya dengan trayek Metromini S640, diakui Nofrialdi, hal tersebut akan mengganggu beroperasinya Metromini di rute itu.

"Ya pasti mengganggu, tapi kan pemerintah suka- sukanya saja tanpa menghiraukan nasib orang lain," katanya.

Saat ini, katanya, hanya ada sekitar 60 unit Metromini S640 yang masih beroperasi pada pagi dan sore. Namun, jika sudah mencapai waktu pukul 11.00 hingga pukul 16.00 WIB, banyak armada tersebut yang tidak beroperasi.