Renault Siapkan Megane RS Bertenaga 301 DK Untuk Kalahkan Civic Type R

Renault Siapkan Megane RS Bertenaga 301 DK untuk Kalahkan Civic Type R Renauklt Megane RS Trophy (renault)

KabarOto.com - Renault dikabarkan akan merilis varian baru dari hot hatch mereka yakni Megane RS Trophy, akhir tahun ini. Produsen mobil asal Prancis tersebut mengklaim, bahwa Megane RS terbaru ini memiliki teknologi yang diambil dari mobil balap Formula 1, khususnya di sektor mesin.

Renault Megane RS Trophy dengan teknologi F1

Megane RS Trophy menggunakan mesin yang diracik secara khusus oleh tim enginering Renault, dengan target utama mengalahkan catatan waktu Honda Civic Type R di sirkuit Nurburgring, Nordschleife, Jerman.

Renault rupanya belum puas dengan Megan RS biasa yang telah dirilis belum lama ini, lantaran tenaganya tak sebesar Type R.

Mesinnya sebenarnya sama seperti, Megane RS, yakni 1,8 liter turbo, empat slinder, namun telah di-tune up, sehingga tenaganya melompat sekitar 20 dk menjadi 301 dk dan torsi sebesar 400 Nm.

Bandingkan dengan Megane RS standar yang hanya bertenaga 279 dk dan torsi 390 Nm. Adapun sang target, Type R, memiliki tenaga sedikit di atas, yakni 305 dk. Dengan tenaga tersebut, RS Trophy bisa melesat ke 100 kpj hanya dalam waktu 5,7 detik.

Waktu ini bisa lebih cepat dari Type R dan dan Volkswagen Golf GTI Clubsport S. Bila pedal gas terus diinjak, RS Trophy dapat melesat hingga kecepaan tertinggi di angka 260 kpj.

Renault mengatakan bahwa, meskipun performa mesinnya menjadi lebih kencang, namun mobil 4 pintu itu masih memiliki emisi buang yang sesuai dengan standar Euro 6, dengan adanya tambahan filter partikular di sistem pembuangan.

Sistem pembuangan Renault Megane RS Trophy

Bila tak ada halangan, RS Trophy rencananya akan diperkenalkan pada ajang Paris Motor Show, Oktober mendatang.

Baca juga: Siap-Siap, JPO Di Tol JORR Bakal Dibongkar Akhir Pekan Ini