POPULAR STORIES

Renault Master Dilengkapi Fasilitas Studio Rekaman Musik

Renault Master Dilengkapi Fasilitas Studio Rekaman Musik Sound Truck menggunakan basis Renault Master (Foto: Renault)

KabarOto.com - Kendaraan komersial ringan dikenal memiliki sifat yang serbaguna. Bahkan, Renault memanfaatkannya dengan membuat studio rekaman musik di bagian belakang sebuah van.

Hal tersebut diwujudkan dengan Renault Sound Truck yang dipesan khusus diciptakan dengan tujuan membuat produksi musik profesional dapat diakses oleh lebih banyak artis dan telah diluncurkan di Prancis.

Sound Truck didasarkan pada Renault Master, yang merupakan LCV terbesar dari jajaran produk pabrikan mobil. Namun, dengan berat kotor maksimum yang diizinkan sebesar 3,5 ton dan batasan ukuran kompartemen kargo tidak dapat dihindari, konversi ke studio rekaman cukup menantang.

Baca Juga: Renault Kiger RXT (O) Meluncur Di India, Dibekali Fitur Canggih Harganya Terjangkau

Fasilitas studio rekaman di bagian belakang mobil

Proyek ini dikerjakan oleh Red House yang berspesialisasi dalam akustik arsitektur dan Procar dengan keahlian di bidang bodywork.

Kompartemen belakang Renault Master berkapasitas 9 meter kubik, berukuran panjang 3.733 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 2.048 mm. Memanfaatkan setiap inci ruang yang tersedia, tim berhasil memasukkan semua peralatan yang diperlukan ke dalam dua ruangan terpisah di belakang kabin pengemudi, ruang rekaman untuk vokalis dan ruang kendali untuk sound engineer.

Tantangan tersulitnya adalah membuat peredam suara seringan mungkin sehingga kendaraan yang dihasilkan mematuhi batasan lisensi kategori B di Prancis dan tetap menawarkan tempat yang bagus untuk perekaman profesional. Oleh karena itu, seluruh peralatan dan bahan ditimbang sebelum diaplikasikan pada kendaraan.

Baca Juga: Renault Ajak Google Dan Qualcomm Kembangkan Perangkat Lunak Mobil Listrik

Akses masuk studio rekaman berjalan dipisahkan dari area pengemudi

Sebagai sentuhan akhir, interiornya dilapisi kayu dan kain ungu yang ditonjolkan oleh pencahayaan khusus. Produser duduk di kursi putar dan memiliki akses ke meja kerja dengan monitor studio, PC, dan konsol, sedangkan di bagian belakang terdapat sofa dengan bantal.

Bagian eksterior hitam dipadukan dengan grafis perak dan tulisan bergaya grafiti emas, serasi dengan jenis musik yang direkam di dalam.

Renault Sound Truck sudah digunakan oleh 5 penyanyi rap berbakat yang menggunakan LCV tersebut untuk merekam lagu mereka.

Berita Terkait

Berita Terkait