POPULAR STORIES

Rencana Balapan F1 Akan Konsisten 24 Seri Per Musim

Rencana Balapan F1 Akan Konsisten 24 Seri Per Musim Foto : F1.

KabarOto.com - Kalender Formula 1 musim 2024 akan lebih padat dibanding musim ini, menyentuh rekor 24 balapan per musim (jika tidak ada yang dibatalkan) dengan masuknya Grand Prix Las Vegas tahun ini pada bulan November mendatang.

Musim ini memang dijadwalkan 24 balapan, namun ada beberapa balapan dibatalkan, diantaranya Grand Prix China Shanghai karena pandemi Covid-19 yang masih melanda, serta Grand Prix Emilia Romagna Imola dibatalkan karena banjir parah membuat jumlah seri musim ini jadi 22 balapan saja.

Kalender 2024 diharapkan menampilkan 24 acara yang sama dengan jadwal tahun ini, dengan pembicaraan yang sedang berlangsung untuk memperpanjang kontrak Grand Prix Belgia.

Baca Juga : Kemenangan Ke-100 Bikin Posisi Red Bull Racing Di Klasemen Konstruktor Semakin Kokoh

24 seri dalam setahun adalah jumlah maksimum balapan yang diizinkan berdasarkan perjanjian komersial saat ini, dan menurut CEO F1, Stefano Domenicali itu merupakan angka tepat.

"Apa yang ingin kami lakukan tahun depan adalah 24 dan saya pikir 24 adalah angka yang tepat. Saya akan mengatakan ini adalah angka yang harus kita targetkan agar stabil untuk waktu yang lama," kata Domenicali.

Selain itu beberapa tempat baru seperti Spanyol, Madrid juga tertarik menggelar balapan jet darat tersebut, walau Barcelona masih menjadi tuan rumah. Serta tempat balapan ikonik seperti Spa-Francorchamps, selalu dilakukan peremajaan di infrastrukturnya untuk kenyamanan penggemar.

Baca Juga : Klasemen Sementara Formula 1 Musim 2023 Usai GP Kanada

"Balapan bersejarah akan selalu menjadi bagian dari kalender, tetapi beberapa dari mereka perlu mengenali perubahan yang harus mereka lakukan pada infrastruktur," jelas Domenicali.