POPULAR STORIES

Resmi! Franco Morbidelli Gantikan Vinales Di MotoGP 2022

Resmi! Franco Morbidelli Gantikan Vinales di MotoGP 2022

KabarOto.com – Tim Monster Energy Yamaha bergerak cepat usai Maverick Vinales meninggalkan tim pada akhir musim ini, akhirnya Franco Morbidelli yang mengisi kursi kosong untuk MotoGP 2022 mendatang.

Keputusan Vinales akan pergi setelah lima musim perkuat tim pabrikan bergolo garpu tala itu muncul pada balapan di Belanda lalu. Pihak tim pun langsung bertemu dengan tim satelit mereka, Yamaha Petronas SRT.

Baca juga: Maverick Vinales Cabut dari Yamaha, Bagaimana Susunan Pembalap Musim 2022?

Hasil dari pertemuan itu yaitu membutuhkan pembalap baru dengan kemampuan sepadan sebagai tandem Fabio Quartararo musim 2022. Tentu, pilihan Yamaha hanya fokus pada Franco Morbidelli yang kini masih memperkuat tim asal Malaysia itu.

Pembalap dengan nomor 21 itu masih memiliki kontrak hingga akhir musim 2022. Tetapi, usai pertemuan dengan sang bos Petronas SRT, Razlan Razali dengan Lin Jarvis (Managing Director Yamaha) dan Massimo Meregalli (Direktur Tim) kesepatakan ini pun tercapai.

Morbidelli sendiri memiliki prestasi cukup baik pada musim 2020, usai menjadi runner-up dan belum mencapai raihan juara dunia MotoGP 2020 karena terpaut 13 poin dari Joan Mir (Suzuki Ecstar). Dirinya mampu meraih lima podium selama 14 balapan musim lalu.

Baca juga: Dapat Jatah Wildcard, Dani Pedrosa Siap Ikutan MotoGP San Marino 2021

Morbidelli bersama Ramon Forcada

Dengan kepergian Morbidelli, jelas membuat tim Petronas SRT harus bergerak cepat untuk menemukan penggantinya. Mereka bahkan harus mencari dua pembalap baru jika Valentino Rossi memutuskan mundur pada akhir musim 2021.

Selain kedatangan Morbidelli ke tim pabrikan, ada kemungkinan bakal kembalinya Ramon Forcada selaku kepala mekanik ke tim pabrikan yang sebelumnya didepak Vinlaes pada 2019 lalu. Forcada sebelumnya mampu membantu Jorge Lorenzo merebut gelar juara dunia MotoGP musim 2010, 2012 dan 2015 bersama Yamaha.