POPULAR STORIES

Resmi Meluncur, AMMDes Mendapat Apresiasi Dari Berbagai Pihak

Resmi Meluncur, AMMDes Mendapat Apresiasi Dari berbagai Pihak AMMDes (KO/Kipli)

KabarOto.com - Setelah beberapa waktu membuat penasaran khalayak, akhirnya Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) resmi meluncur.

Seremoni peluncuran tersebut, dikemas dalam acara "The 2nd AMMDes Summit and Exhibition" yang digagas oleh Kementrian Perindustrian bersama PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) pada tanggal 15 - 16 April 2019 di Nusantara Hall - ICE BSD City.

Kehadiran AMMDes langsung mendapat apresiasi banyak pihak, karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan produktivitas dan mendorong pemerataan ekonomi nasional.

Baca Juga : Resmi Meluncur, Ini Ragam Dan Spesifikasi AMMDes

"AMMDes telah diproduksi massal dengan pengembangan beragam aplikasi untuk pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan, hingga tanggap darurat bencana. Bahkan, bisa menjadi unit usaha," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (18/4).

Beberapa unit AMMDes sudah diaplikasikan pada berbagai bidang, seperti yang dilengkapi dengan alat perontok padi, penjernih air, pembuat es serpihan, pengolah kopi, pemoles beras, generator listrik, pascapanen pisang, dan ambulance feeder.

Salah satu jenis AMMDes

Siti Kamarijah mewakili Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), memberikan apresiasi terhadap pengembangan AMMDes yang dapat dimanfaatkan oleh para nelayan.

"Kami melihat AMMDes sangat mendukung kegiatan nelayan, seperti untuk penangkapan ikan. Sebab, mereka membutuhkan perbekalan air bersih dan es. Ini merupakan kebutuhan vital yang biasanya wajib mereka bawa, karena untuk menjaga mutu hasil tangkapannya," papar Siti.

Sementara itu, Fiitri Suciani dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan kebanggaannya tehadap AMMDes sebagai karya anak bangsa yang bisa digunakan ketika kondisi darurat atau pascabencana. Contohnya, AMMDes penjernih air yang telah dimanfaatkan bagi para penyintas gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, pada akhir tahun lalu.

Menperin saat meninjau AMMDes

"AMMDes tersebut memang sangat dibutuhkan sekali, khususnya di lokasi-lokasi yang air bersihnya sangat terbatas seperti waktu itu di Palu, Sigi, dan Donggala. Apalagi, air bersih sangat vital untuk menunjang segala aktivitas masyarakat," ujarnya. Untuk itu, Fitri berharap, Kemenperin dan BNPB berkerja sama dalam pengembangan AMMDes sebagai alat multifungsi untuk tanggap bencana.

Muhamad Farid selaku Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Magaya Pura di Sigi, Sulteng, mengaku telah merasakan manfaat dari kehadiran AMMDes penjernih air. "AMMDes penjernih air sangat bermanfaat bagi kami sebagai masyarakat yang terkena dampak bencana. Dalam kondisi tersebut, masyarakat memang sangat membutuhkan air bersih," ungkapnya.

Lembaga bantuan Pemerintah Amerika Serikat yang beroperasi di Indonesia, United States Agency for International Development (USAID) menyatakan pula puas dengan performa AMMDes yang diproduksi oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) dan dipasarkan oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor, di Indonesia.

Baca Juga: Pacu Produktivitas Masyarakat Desa, AMMDes Siap Rambah Pasar Ekspor 49 Negara

USAID sudah menguji coba performa AMMDes aplikasi ambulance feeder untuk membantu mobilisasi warga di lingkungan kampung Baduy, Kabupaten Lebak, yang membutuhkan layanan kesehatan, seperti ibu hamil yang membutuhkan penanganan cepat saat persalinan.

"Kami di USAID udah mengujicoba AMMDes aplikasi ambulance feeder untuk mengangkut ibu hamil terutama di daerah offroad, kita uji coba di Bojongmanik, di daerah Baduy di Kabupaten Lebak yang banyak ibu hamilnya dengan kondisi ekonomi yang rendah dan akses ke Puskesmas sulit," ungkap DR Harris, Regional Manager USAID Jalin Project Provinsi Banten.