Restorasi Mitsubishi Colt T120 Lawas, Demi Nostalgia Masa Kuliah Di Yogyakarta

Restorasi Mitsubishi Colt T120 Lawas, Demi Nostalgia Masa Kuliah di Yogyakarta Kipli

KabarOto.com - Menurut sebagian pecinta otomotif, nostalgia kendaraan klasik punya nilai sentimental yang tak bisa ditukar dengan apapun. Contohya Cahyono Dwi Prasetyo yang punya cerita unik dengan kendaraan Mitsubishi Colt T120 miliknya.

Ia menceritakan masa lalunya sewaktu dirinya menimba ilmu di salah satu universitas yang ada di Yogyakarta pada KabarOto. "Saya kuliah naik 'Colt Kampus', setidaknya begitu kami menyebutnya. Bentuknya sama seperti milik saya ini, tapi bak belakang diisi boks untuk penumpang," kenangnya.

Sejak saat itu, keinginan pria yang berprofesi sebagai pejabat lelang itu untuk nostalgia begitu besar. "Selain itu, saya pilih mobil ini juga karena alasan unitnya yang relatif jarang saya lihat mengaspal di kota besar," imbuh pehobi gowes tersebut.

Baca juga: Ini Sejarah Mitsubishi Colt L300 Yang Sempat Jadi Armada Pos Indonesia

Merestorasi mobil lansiran 1980 miliknya tersebut diakui Cahyo, sapaan akrabnya, menghabiskan waktu kurang lebih 1 tahun. Ia mendapatkan mobil tersebut dalam kondisi mati dan langsung memboyong Colt tersebut ke bengkel di bilangan Cibubur, Jawa Barat.

"Saya bongkar total mobilnya, sasis saya las, bodi (kepala) masih saya pertahankan, kulit pintu kanan kiri saya dapat dari Magelang, kaca depan samping kanan kiri saya dapat dari Bandung, aksesori banyak dari Klaten dan Malang," beber pemukim kawasan Bintaro tersebut.

Baca juga: Nih, Komunitas Mobil Lawas Mitsubishi Colt T120 Yang Masih Eksis Di Zaman Modern

Ia merasa tak hanya menyukai bentuk mobil itu saja, namun sekaligus seperti sedang menjaga warisan leluhurnya. "Dahulu, saya sering melihat kendaraan jenis ini melintasi jalan Yogyakarta, namun perlahan kini sudah punah, mungkin ini salah satu pertanda juga saya harus melestarikannya," ungkapnya.

Pehobi kuliner gudeg tersebut bilang, proyek restorasi untuk mobil ini sudah rampung. "Walau demikian, saya akan sedikit demi sedikit membuat rapi lagi bagian-bagian detail atau minor dan pasang sound system," tutupnya. Wah, sangat bermakna sekali!