POPULAR STORIES

Motor Listrik Merajalela, Ribuan Charging Station Baru Siap Beroperasi

Motor Listrik Merajalela, Ribuan Charging Station Baru Siap Beroperasi PLN siap suplai ribuan charging station untuk motor listrik

KabarOto.com - Mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik roda dua, PT PLN (Persero) menyiapkan suplai 1.500 titik charging station yang tersebar di fasilitas umum, rumah ibadah dan beberapa cabang restoran cepat saji.

Tak sendirian, sinergi tersebut bisa tercapai berkat sinergi antara antara PLN dan PT KKBrothers Baterai Inovasi. Hal ini tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan dan Implementasi E-Mobility untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan Infrastruktur Pendukungnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menegaskan, pihaknya selalu berkomitmen untuk menjalankan amanah Perpres nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dengan pembangunan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan home charging.

Baca juga: Pengguna Kendaraan Listrik Terus Tumbuh, PLN Hadirkan SPKLU Baru

“Harapan ke depannya akan semakin banyak tumbuh manufaktur kendaraan listrik di Indonesia, sehingga cita-cita Net Zero Emission di Indonesia dapat diwujudkan,” ujar Darmawan.

Selain itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan mengatakan, PLN UID Jakarta Raya siap menyuplai daya listrik untuk charging station KLBBB yang dibangun KKBrothers Baterai Inovasi.

“PLN menjamin kecukupan energi listrik untuk pembangunan 1.500 titik charging station tahap pertama milik PT KKBrothers Baterai Inovasi,” tambah Doddy.

Dengan rencana pembangunan 1.500 titik charging station ini juga akan menambah jumlah SPLU di Jakarta.

“Saat ini di Jakarta sudah terdapat 3.147 SPLU yang bisa digunakan untuk charging station kendaraan listrik maupun kebutuhan listrik di lokasi umum lainnya seperti Pedagang Kaki Lima (PKL) dan fasilitas umum warga,” pungkas Doddy.

Baca juga: Hyundai Dan PLN Teken MoU Dapatkan Sertifikat Energi Terbarukan

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT KKbrothers Baterai Inovasi, Cahyadi Burhan menyambut positif kerja sama pengembangan ekosistem EV dengan PLN. Kerja sama ini tentunya akan memberi kemudahan pemilik motor listrik, khususnya Greentech.

Hingga saat ini di Jakarta telah tersedia 29 titik lokasi SPKLU dengan 41 unit charger. Kemudian terdapat 245 lokasi SPBKLU dengan 290 kabinet milik berbagai macam ekosistem EV. Sedangkan untuk SPKLU Bis Listrik ada 2 lokasi dengan 11 unit charger. PLN juga telah menyuplai 580 home charging.