POPULAR STORIES

Rio Haryanto Finish P7 Di Race Pertama GP2 Austria, Vandoorne Mendominasi

Rio Haryanto Finish P7 di Race Pertama GP2 Austria, Vandoorne Mendominasi Stoffel Vandoorne (Foto:GP2series.com)

Stoffel Vandoorne meneruskan dominasinya pada sesi feature race GP2 tahun ini dengan performa yang baik di Austria, dan terus berada diposisi teratas sejak balapan di Abu Dhabi tahun lalu.

Seperti yNg dikutip dari GP2series.com, bahwa hasil akhir balapan sudah terlihat sejak start saat test driver McLaren tersebut meraih posisi pole untuk ke empat kalinya tahun ini dan langsung mengalahkan Sirotkin memasuki tikungan pertama, kemudian diikuti oleh rekan se-timnya Nobuharu Matsushita yang berhasil mempertahankan posisi dari Raffaele Marciello, Nick Yelloly dan Rio Haryanto yang juga memiliki start yang bagus.

Penggunaan VSC (Virtual Safety Car) sempat menghambat beberapa pembalap di posisi depan, namun kemudian berhasil mencatat waktu putaran cepat akibat penggunaan ban dengan kompon 'soft' sebelum menjalanni pit stop pertama: Vandoorne, Yelloly dan Arthur Pic masuk pit di lap 7, sedangkap Sirotkin, Matsushita dan Alexander Rossi masuk pit di lap berikutnya. Seluruh perhatian kemudian beralih ke persaingan pembalap Belgia tersebut dengan Pierre Gasly, yang sempat memimpin balapan dengan menggunakan ban yang memiliki kompon keras.

Persaingan berikutnya terjadi saat Lynn dari tim DAMS merebut posisike 2 dari Rio Haryanto di lap 11, dan kemudian berlanjut saat ia menyalip Pierre Gasly dari sisi dalam 7 lap kemudian, yang juga memberikan keuntungan untuk Vandoorne, yang terus melebarkan jarak dengan Sirotkin, Rossi dan Matsushita yang mencoba menutup jarak dengan rekan satu timnya namun gagal.

Saat Lynn bebas dari 'backmarker', ia dan Vandoorne saling bertukar waktu lap tercepat: keduanya tahu bahwa persaingan sejati berada pada catatan waktu dan keduanya tak ada yang mengalah sampai saatnya Lynnharus masuk pit di lap 32 untuk mengganti ban, dan persainganberikutnya beralih antara Rossi dan Matsushita.

Lynn kemudian mengganti ban dengan kompon 'soft', namun Vandoorne masih tetap berada di posisi atas, Lynn pun hanya mampu untuk terus mencatat waktu lap tercepat untuk menutup celah dengan Vandoorne yang akhirnya finish di posisi 1 yang disusul 12 detik berikutnya oleh Sirotkin dan Lynn yang meraih posisi 3. Matsushita dan Artem Markelov
merebut posisi dari Alexander Rossi yang mengalami kebocoran ban,sedangkan Rio Haryanto berhasil menahan Yelloly untuk meraih P7 didepan Pic dan Mitch Evans.

Vandoorne memperbesar selisih klasemen sementara GP2 menjadi 143 poin diatas Rossi dengan 78 poin, serta melampaui Haryanto dengan 55 poin,Lynn dengan 42 poin dan Sirotkin dengan 38 poin untuk sesi sprint racedi hari minggu.

Baca juga: